3 Cara Membuat Whipped Cream

3 Cara Membuat Whipped Cream

Whipped cream merupakan salah satu bahan pemanis pada pastry dan filling cake. Dengan bahan yang satu ini, bolu dan cup cake akan terlihat lebih cantik dan bernilai. Whipping Cream dapat dibuat dengan berbagai cara, mari kita simak.

1. Versi Creme Chantilly


Membuat Whipped Cream ala luar negeri atau Crème Chantilly sangatlah mudah. Cukup dengan menyediakan bahan-bahan seperti heavy cream sebagai bahan dasar sekitar 1 cup, gula icing sebanyak 1/3 cup, vanili ekstrak sebanyak ½ sendok teh serta sedikit garam.

Cara Membuatnya, tuangkan 1 cup heavy cream ke dalam sebuah mangkok beserta bahan lainnya seperti gula icing dan jumput garam. Pencampuran dan penambahan gula icing bertujuan untuk membantu agar whipped cream menjadi lebih kental. Campurkan bahan-bahan yang telah disebutkan tadi dengan mengunakan ballon whisk atau mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang sempurna dan lembut.

Setelah proses pembuatan selesai, simpanlah krim kocok ke dalam freezer lemari es. Tunggu sampai benar-benar dingin lalu tambahkan sebagai topping pastry, atau dapat ditambahkan pada kopi dan teh selagi hangat.

[caption id="attachment_2897" align="aligncenter" width="640"]cara membuat whipping cream cara membuat whipping cream (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Jika menginginkan krim kocok atau whipped cream yang dapat dispuit, maka caranya cukup mudah. Cukup dengan mengeluarkannya dari lemari es, lalu kocok dengan mixer speed sedang sampai krim kocok tersebut kelihatan agak kaku.

2. Versi Topping


Topping yang satu ini terbuat dari putih telur, gula, mentega dan susu yang dicampur dengan mixer berkecepatan tinggi. Bisa ditambahkan aneka essense seperti bubuk kopi, kayu manis, cokelat, vanilli, aroma buah dan aneka sirup untuk menambah rasa dan aroma.

3. Instan


Sebenarnya kini sudah ada whipped cream instan berbentuk bubuk dan dijual di toko kue atau pasar tradisonal. Caranya sangat praktis, cukup dengan mencampurkan bubuk whipped dengan air atau susu dengan perbandingan 1:2. Sebagai contoh, campurkan 250 gram whipped cream bubuk dengan 500 ml air dingin atau susu cair dingin kemudian aduk hingga lembut mengembang. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar