10 Langkah Mudah Memotong Rambut Pendek Tanpa ke Salon

10 Langkah Mudah Memotong Rambut Pendek Tanpa ke Salon

Perawatan apa yang lebih sering dilakukan pria dibanding wanita? Mencukur rambut dan kumis tentunya. Untuk menjaga tatanan rambut, kaum pria akan memotong rambutnya minimal sebulan sekali. Apalagi dengan pria dewasa yang ingin tampil klimis, janggut dan kumis harus dipotong setiap tiga hari atau minimal seminggu sekali. Tentunya jasa barber shop sangat dibutuhkan.

Sebenarnya memotong rambut dapat dilakukan di rumah. Berbeda dengan wanita yang dapat merapihkan rambut dengan memotong rambut panjangnya sendiri, untuk pria yang mayoritas berambut pendek, hal ini lebih sukar dilakukan. Maka dari itu dibutuhkan rekan yang dapat membantu memangkas dengan rapi.
cara memotong rambut pendek
cara memotong rambut pendek

Berikut ini cara mudah bagi anda yang ingin mencoba memotong rambut dengan bantuan rekan tanpa ke salon.

  1. Cucilah rambut atau basahi dengan sedikit air atau dengan penyemprot air.

  2. Siapkan sisir, gunting atau alat pemotong rambut elektrik dan jepit rambut. Ingat, gunakan gunting yang tajam.

  3. Siapkan kain penutup badan agar sisa potongan rambut tidak mengotori badan.

  4. Pilih model rambut yang sesuai.

  5. Mulailah menyisir rambut hingga rapi. Ambil dengan sisir sebagian rambut, tarik keluar dan sisakan. Tahan bagian rambut yang terambil dengan menjepitnya menggunakan jari telunjuk dan tengah. Gunakan penjepit rambut untuk mempermudah membagi rambut tebal. Sisakan sekitar 1-2 cm di bagian ujung, kemudian potong dengan gunting. Bila memiliki alat cukur elektrik, pilihlah ukuran mata yang sesuai dengan ketebalan rambut lalu gunakan sisir mengambil rambut hingga tersisa 1-2 cm diujung luar, lalu potong dengan alat. Lakukan berulang semua bagian rambut hingga rapi. Bila dirasa kurang pendek, lakukan kembali memotong seperti dijelaskan di atas. Bagi pemula, memotong rambut dengan langkah ini akan sangat membantu untuk menghindari kegagalan.

  6. Untuk merapihkan rambut bagian belakang, memotong rambut lebih mudah dengan agak menundukkan kepala yang dicukur.

  7. Seimbangkan potongan antara kiri dan kanan agar tidak pendek sebelah.

  8. Terakhir rapikan tatanan rambut dengan sisir dan keringkan menggunakan hair dryer.

  9. Untuk mencukur habis rambut caranya seperti memotong kumis dan janggut. Basahi dahulu kepala, dagu dan bawah hidung dengan air atau air sabun. Gunakan pisau cukur dengan memotong searah.

  10. Setelah selesai, lakukan bergantian dengan memotong rambut rekan Anda dengan pola tersebut di atas.

Dengan terbiasa memotong rambut di rumah tanpa jasa salon, tentu akan menggali bakat baru yang menghasilkan. Siapa tahu di kemudian hari anda dapat menjadi hair stylist ternama. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar