Inilah 4 Tips Makan Buah Yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Inilah 4 Tips Makan Buah Yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Salah satu mitos yang sering kita dengar, bahwa orang yang menderita diabetes tidak boleh makan buah-buahan, apalagi buah yang memiliki rasa yang manis, karena manis identik dengan gula. Padahal buah-buahan memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, kaya akan serat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi kadar kolesterol, dan yang terpenting justru buah akan menjaga kadar gula darah yang tentunya baik bagi penderita diabetes. Selain itu, serat dalam buah akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh akan terjaga.

Buah-buahan juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti potasium yang bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah.  Buah memang mengandung karbohidrat sebagai sumber kalori, dan gula alami yang dikenal sebagai fruktosa. Yang harus diperhatikan saat mengonsumsi buah bagi penderita diabetes ialah perhatikan dan perhitungkan dengan baik porsinya, jangan sampai berlebihan. Jika anda salah seorang penderita diabetes anda bisa ikuti tips berikut ini :

  1. Hindari Buah-buahan Kering dan Jus Buah


Buah-buahan yang dikeringkan terutama yang memiliki rasa manis biasanya ditambahkan gula dalam proses pembuatannya, sehingga akan memiliki kalori yang lebih tinggi dari buah segar. Selain itu, proses pengeringan akan merusak serat yang ada di dalam buah, tentu saja ini kurang baik, apalagi jika kulitnya telah dikupas. Jus buah juga kurang disarankan, selain karena kebiasaan menambahkan gula atau susu ke dalamnya juga, karena proses ekstrasi atau penghancuran buah juga bisa merusak serat dari buah tersebut. Jadi pilihan terbaik ialah buah segar.

[caption id="attachment_2728" align="aligncenter" width="640"]Pola makan penderita diabetes Pola makan penderita diabetes (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Hitung Berapa Porsi Yang Tepat


Agar kalori dari buah yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan maka harus diperhitungkan dengan cermat berapa sebaiknya jumlah buah yang dikonsumsi, disarankan sebanyak 2-3 porsi saja perhari. Anggaplah buah tetap sebagai karbohidrat dan satu porsi buah setara dengan 15 gram karbohidrat. Sebagai contoh, beberapa buah yang bisa dikonsumsi dalam satu porsi:

  • 1 buah kecil apel, jeruk, pear, kesemek dan sejenisnya

  • ½ buah pisang ukuran sedang

  • 2 buah kiwi ukuran kecil

  • 1 cangkir melon atau semangka

  • 15 gram anggur

  • 1/3 mangga ukuran sedang

  • 1 cangkir strawberry



  1. Pilihlah Buah Dengan GI Rendah


GI atau Glikemik Indeks adalah angka yang menunjukkan berapa banyak karbohidrat yang terkandung di dalam makanan. GI yang tinggi akan membuat makanan tersebut dicerna terlalu cepat di dalam tubuh, sehingga membuat perut mudah lapar kembali, biasanya karbohidrat memiliki GI tinggi seperti nasi, roti, kentang. Hal ini bisa membuat kadar gula juga naik, jadi akibatnya kurang baik bagi penderita diabetes. Mayoritas buah-buahan memiliki kadar GI rendah kecuali nanas dan melon. Jadi sebaiknya hindari makan buah tersebut jika kadar gula darah sedang naik.

  1. Padukan Dengan Protein


Beberapa orang telah mencoba dan membuktikan bahwa makan buah yang dipadukan dengan protein akan menurunkan gula darah, jadi tidak ada salahnya mencobanya. Beberapa contoh padanan protein dengan buah ialah:

  • Campurkan satu buah apel dengan satu sendok teh selai almond

  • Tambahkan irisan buah seperti strawberry, cherry, pisang ke dalam satu mangkok yogurt tanpa rasa/ plain.

  • Satu buah peach atau kesemek dimakan dengan olesan krim keju.


Demikian tips makan buah bagi penderita diabetes, semoga bermanfaat dan tetap sehat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar