Ingin Hemat Waktu di Perjalanan? Ada 5 Tips Oke Untuk Anda

Ingin Hemat Waktu di Perjalanan? Ada 5 Tips Oke Untuk Anda

Kepadatan penduduk di Indonesia semakin hari semakin bertambah, tentunya diikuti dengan gerak mobilitas dan arus kepadatan aktivitas yang selama 24 jam tidak berhenti. Kegiatan tidak hanya terjadi di siang hari, namun juga di malam hari, apalagi di wilayah perkotaan, jam kerja hampir tak pernah usai.

Tentunya kita sebagai pengguna waktu, tidak akan mendapat kesempatan kedua saat ingin kembali ke detik yang telah berlalu. Satu menit sangat berharga dan sangat disayangkan bila anda melewatkannya. Salah satu cara memanfaatkan waktu ialah dengan menghemat waktu saat di perjalanan.

[caption id="attachment_2473" align="aligncenter" width="640"]Tips menghemat waktu di perjalanan Tips menghemat waktu di perjalanan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Agar waktu kita tidak terbuang percuma di pejalanan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Pilihlah rute terdekat ke tempat tujuan.


Agar waktu tidak terbuang percuma, ukurlah jarak tempuh terdekat dengan menggunakan aplikasi peta seperti GPS agar anda mendapatkan rute terdekat dengan mudah. Caranya, masukkan alamat di mana anda berada sekarang, lalu masukkan alamat tujuan anda. GPS akan memberikan peta, jarak dan jalur terdekat menuju tujuan.

2. Pilihlah jalur yang lengang, agar terhindar dari macet.


Kemacetan dapat dihindari dengan melihat GPS. Hindari rute yang terkena banjir, atau agar lebih mudah, aktifkan layanan kabar lalu-lintas. Anda akan mendapatkan informasi tentang jalur yang mungkin sedang ditutup karena ada perbaikan, demonstrasi, kecelakaan, bencana alam dan masalah lainnya.

3. Pilihlah waktu terbaik saat akan melalui area jalur khusus dan padat.


Jalan-jalan tertentu seperti jalur 3 in 1 dan jalur kawasan pabrik biasanya menutup jalur di jam tertentu. Agar anda dapat melewatinya, lalui jalur tersebut di jam terbuka.

4. Pergilah lebih awal sebelum jam sibuk atau setelah jam sibuk.


Biasanya, agar nyaman di perjalanan dan terbebas dari kemacetan, anda memang harus lebih awal pergi, terutama bagi anda yang rutin bekerja atau sekolah. Bila terlambat dan terjebak macet, akan berdampak pada kedisiplinan anda. Begitu pula saat jam pulang kerja, pulanglah lebih akhir dari yang lain, selain loyalitas pada pekerjaan, juga anda lebih cepat tiba di rumah karena jalanan sudah lengang.


  1. Gunakan kendaraan umum, travel, kendaraan beroda dua atau jasa antar online.


Menggunakan kendaraan umum akan sangat membantu dan menghemat biaya bila anda hanya akan melalui jalur singkat atau sangat jauh. Dengan menggunakan kendaraan umum atau travel, anda tidak perlu repot menghabiskan waktu untuk parkir dan membayar sewa parkir bahkan tidak perlu letih menyetir. Atau bila anda memiliki kendaraan roda dua seperti motor, akan memudahkan anda mengambil jalan terdekat dan sempit. Bila anda repot untuk menyetir, gunakan jasa antar online. Baik kendaraan roda dua atau empat, bahkan untuk mengantar barang sudah disediakan, mudah, murah dan terjamin. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar