Cara Mudah Mengurangi Stres Dengan Makanan

Cara Mudah Mengurangi Stres Dengan Makanan

 

            Jaman yang semakin modern ini menuntut manusia untuk selalu siap untuk hal–hal baru dan tantangan baru, segalanya menjadi serba cepat, siklus hari demi hari terasa cepat berlalu sampai–sampai waktu 24 jam sehari tidaklah cukup untuk menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan. Bagi yang bekerja kantoran mungkin lembur sampai tengah malam lalu besok pagi harus berangkat ke kantor lagi sudah menjadi hal lumrah apalagi di kota besar. Mau tidak mau hal ini akan membuat badan capek, tekanan darah meningkat, jantung bisa berdetak lebih cepat, dan juga kelelahan otot. Hal itu tentu sangat mengganggu performa anda ketika pekerjaan sedang banyak–banyaknya, mau tidak mau anda seperti di ultimatum tidak boleh sakit.

Anda mungkin ingin menjaga stamina dengan berolahraga, datang ke pusat kebugaran tapi apa daya jika pekerjaan anda memenjarakan anda dan merampas semua waktu anda sehingga anda tidak ada waktu tersisa untuk melakukan semua itu. Kalaupun bisa, mungkin anda harus benar–benar memanfaatkan waktu libur anda, tapi bagaimana jika saat liburpun anda harus lembur atau ada acara lain yang lebih penting yang harus anda hadiri. Gagal lagi acara olahraga. Cara lain dengan yoga untuk mengurangi stres yang menyerang anda, tapi kadang kelelahan fisik membuat anda malas untuk melakukannya, terlebih bagi anda yang awam pasti harus berusaha untuk mengundang personal trainer ke rumah, itu artinya anda harus merogoh kocek anda lagi. Tapi jangan kuatir, anda bisa tidak harus bersusah payah melakukan hal–hal di atas untuk mengurangi rasa stres anda. Anda hanya harus mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

  1. Dark Coklat


Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, coklat. Hampir semua orang pasti menggemarinya, tapi mungkin tidak banyak yang tahu bahwa coklat merupakan penurun stres. Selama ini mitos yang sering kita dengar ialah coklat itu membuat badan menjadi gemuk dan bisa menimbulkan jerawat pada wajah. Itu salah. Sebenarnya yang membuat gemuk dan jerawatan bukanlah coklatnya. tetapi bahan tambahannya seperti susu, gula dan kacang.

[caption id="attachment_2569" align="aligncenter" width="640"]Cara menghilangkan stress Cara menghilangkan stress (Ilustrasi/Pixabay)[/caption]

Jika anda sedang merasa stres, jangan ragu untuk makan coklat, lebih disarankan jenis dark coklat alias coklat yang tanpa campuran susu. Di dalam coklat terdapat senyawa antioksidan yang disebut sebagai resveratrol yang membuat tubuh merasa rileks dan senang. Nutrisi di dalam dark coklat membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Anda bisa dapatkan coklat ini dalam bentuk serbuk baik yang tanpa tambahan gula ataupun yang instan, atau juga coklat batangan yang banyak dijual, tapi pastikan terdapat keterangan bahwa itu merupakan dark coklat dan mengandung 70% kakao agar mendapatkan hasil yang optimal bagi tubuh anda.

  1. Salmon


Omega-3 yang terkandung di dalam ikan salmon, selain baik untuk kesehatan jantung anda, tapi juga berdasarkan riset dapat membantu mengurangi rasa stres. Asam lemak esensial di dalam salmon akan melindungi anda dari kerusakan syaraf yang disebabkan oleh stres. Untuk hasil terbaik, makanlah salmon 2 kali seminggu, atau anda juga bisa menggantinya dengan tuna atau sarden.

  1. Pisang


Makanlah satu buah pisang perhari, mudah bukan? Karena kalori yang rendah di dalam pisang, dan mudah untuk mendapatkan buah ini, merupakan sebuah keuntungan bagi anda untuk bisa mengendalikan stres anda. Pisang juga mengandung potasium yang membantu untuk menurunkan tekanan darah, serta vitamin B6 yang berfungsi untuk memproduksi hormon serotonin atau hormon pemberi rasa nyaman dan nyaman.

  1. Teh


Baik teh hitam ataupun teh hijau sama–sama mengandung asam amino L – tianin yang berfungsi untuk meningkatkan produksi dopamin dan serotonin. Kedua hormon ini bisa membuat perasaan menjadi senang sehingga akan menjauhkan anda dari rasa stres. Minumlah secangkir teh untuk relaksasi anda.

  1. Paprika Merah


Seperti juga cabai, ternyata paprika mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C seperti diketahui merupakan imun booster atau penambah kekebalan bagi tubuh kita, sehingga bisa menghindarkan dari penyakit. Setengah cangkir paprika mengandung 150 mg vitamin C dimana ini lebih banyak dari kandungan vitamin C dalam segelas jus jeruk.

Lalu apa manfaat vitamin C bagi manajemen stres? Vitamin C menjaga hormon kortisol agar tidak naik. Hormon kortisol merupakan hormon penyebab rasa stres, sehingga jika tubuh anda kecukupan vitamin C, maka hormon kortisol akan tetap rendah, sehingga menjaga anda dari stres.

  1. Kacang–Kacangan / Biji-bijian


Kacang–kacangan atau biji–bijian kaya akan kandungan vitamin B yang diketahui membantu membentuk energi dari makanan yang anda konsumsi. Selain itu, vitamin B juga merupakan unsur penting dalam manajemen stres. Niasin ( vitamin B3) membantu tidur nyenyak, asam pantotenat (vitamin B5) dan thiamin (vitamin B1) mengatur kadar kortisol yang merupakan hormon penyebab stres. Sedangkan folat (vitamin B9) berperan dalam regenerasi sel syaraf. Selain sumber vitamin B yang baik, kacang–kacangan juga kaya akan serat dan sumber protein serta zat besi yang cukup baik. Makanlah ½ cangkir kacang–kacangan atau biji–bijian perhari untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. 

 
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar