Cara Menjaga Keamanan Rumah Dengan Teknologi Pintar

Cara Menjaga Keamanan Rumah Dengan Teknologi Pintar

Dahulu, manusia hanya menjadikan rumah sebagai tempat berteduh. Seiring beranjaknya waktu, berkembangnya teknologi dan perubahan pola sosialitas hidup, tak hanya ruang dalam rumah saja yang dijaga, namun juga harta benda yang ada di dalammya.

Sistem penjagaan rumah dan gedung, kini tak hanya andalkan tenaga manusia, baik satpam atau polisi, beberapa kecerdasan alat yang mengadopsi artificial intelegent juga digunakan. Alat pintar yang didesain canggih itu salah satunya dengan menggunakan automatic lock, dengan kunci yang dapat otomatis mengunci bisa dengan kartu, remote, finger scan, set timer gate, atau detektor scan suara.

[caption id="attachment_2673" align="aligncenter" width="640"]Alat pengaman rumah Alat pengaman rumah (Ilustrasi/By Irvin calicut (Own work) [CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons)[/caption]Tidak hanya sistem keamanan pada pintu saja yang dikembangkan, beberapa teknologi lainnya juga sudah ramai digunakan, karena keamanan tak hanya menyangkut bahaya dari orang asing yang berniat buruk, namun juga menyangkut proteksi dari bahaya kecelakaan seperti kebakaran atau korsleting. Ya, smoke detector dan heat detector merupakan alat yang dipasang pada ruangan yang rawan dengan menanam beberapa sensor panas dan asap yang akan mengaktifkan alarm bila mencapai titik toleransi yang berbahaya. Tentunya semua telah di atur dalam IC program canggih dan dapat memberi sinyal pada pemilik rumah dengan diintegrasikan pada handset atau gadget yang terkoneksi dengan internet.

Automatic Gate merupakan alat keamanan lainnya untuk menjaga keamanan pekarangan rumah yang pada pintu pagar atau gerbang. Cara kerjanya kurang lebih sama dengan pintu kaca otomatis.

CCTV atau kamera pengintai yang terhubung dengan DVR dan monitor sebagai perekam juga membantu melacak kejanggalan yang terjadi pada sudut atau ruang tertentu. Dengan pilihan Dome yang memiliki sudut pandang luas bisa diputar 360 derajat, juga Outdoor yang bisa menyorot tajam ke sudut tertentu walau malam hari atau cuaca buruk, akan menambah keamanan tak hanya rumah, namun kantor atau gedung seperti mall, terutama area parkir pintu masuk.

Keamanan sangat dibutuhkan, terutama menjelang libur panjang akhir tahun, di mana traveling dan meninggalkan rumah menjadi pilihan menarik. Seluruh keamanan canggih ini memang terbilang mahal, namun tetap dapat disesuaikan dengan kemampuan anda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar