Cara Menggunakan Spring Come, Mesin Jahit Tangan

Cara Menggunakan Spring Come, Mesin Jahit Tangan

Mesin jahit kini terus mengalami pengembangan, tidak hanya cara kerjanya yang semakin dimudahkan dengan dinamo, tapi juga ukurannya yang semakin mini dan mudah dibawa dan mudah didapatkan, hingga siapapun dapat memilikinya karena harganya yang sangat terjangkau.

Mesin Jahit Sederhana atau Spring come merupakan alat mesin jahit tangan yang bentuknya seperti stapler, tetapi agak besar sedikit dimana menggunakan alat ini sama seperti penggunaan stapler, yang membedakan hanya fungsinya.

[caption id="attachment_2779" align="aligncenter" width="480"]cara menggunakan mesin jahit mini staples cara menggunakan mesin jahit mini staples[/caption]

Langkah memasang benang pada Spring Cone dan cara menggunakan mesin jahit tangan sebagai berikut:.

1. Tongkat peletak benang


Pasang gulungan benang pada tongkat peletak benang. Bentuknya memanjang seperti sedotan, posisinya berada di samping alat spring come, fungsinya untuk meletakkan benang jahit.

2. Lubang penyangga benang


Setelah benang berada di posisi tongkat peletak benang, tahap selanjutnya benang akan masuk ke lubang penyangga benang.

3. Roller penyangga benar


Selanjutnya, benangpun terus berlanjut ke roller penyangga benang, bagian ini berfungsi agar benang tidak lari posisinya, sehingga memudahkan proses menjahit. Selipkan benang ke bagian paling dalam.

4. Jarum jahit


Terakhir masukkan benang ke bagian inti dari mesin ini yakni jarum penjahit, fungsinya yaitu sebagai jarum yang akan merajut benang sehingga menghasilkan jahitan, tetapi tetap dibantu dengan alat yang berada di bawah mesin spring come ini. Jarum ditahan oleh baut. Baut ini menahan posisi jarum agar tetap terpasang pada dudukan dengan benar. Bila jarum patah, cukup longgarkan baut lalu ganti dengan jarum baru.

Cara menggunakan mesin jahit tangan sangatlah sederhana. Setelah benang terpasang, aturlah kerapatan jahitan benang dengan memutar roller penyangga benang. Gunakan penjepit kain oleh bagian penjepit, fungsinya agar kain tidak lepas dan hasil jahitan rapi. Bentuk Spring Come sama seperti stapler, untuk melakukan proses penjahitan, tekan bagian atas dan bawah spring come hingga menyatu dan tertekan dengan sempurna, lalu kembalikan ke posisi awal. Lakukan berulang hingga bagian jahitan terjahit rapi.

Dalam proses penjahitan, jangan menarik kain, mesin akan bergerak sendiri setelah penekanan kembali ke posisi semula dan kain akan tertarik dengan sendirinya. Setelah selesai, untuk tahap terakhir tinggal potong benang dengan gunting. Hasil jahitan mesin jahit tangan tidak kalah rapi dengan mesin jahit portable, dan dapat digunakan di berbagai jenis kain. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar