Cara Kerja OS Tizen dalam Samsung Z2

Cara Kerja OS Tizen dalam Samsung Z2

Tizen adalah sistem operasi yang terbuka dan fleksibel yang dibangun untuk mengatasi kebutuhan dalam industri mobile, termasuk produsen perangkat, operator telekomunikasi, pengembang aplikasi dan vendor software independen. Tizen sebelumnya dipakai Nokia dengan nama Meego yang merupakan gabungan dari Intel Mobilin dan Nokia Maemo. Namun karena lebih fokus mengembangkan Smartphone berbasis Windows, Tizen pindah kolaborasi dengan vendor Samsung. OS Tizen berakar dari sistem operasi komputer Linux yang bersifat open source, dimana penggunanya dapat mengonfigurasi sistemnya sesuai kebutuhan.

Dalam ponsel Samsung 4G Z2, Tizen hadir dengan dukungan browser HTML5 dengan kemampuan menjalankan hampir semua aplikasi Android. Kelebihannya, dapat dikembangkan pada perangkat lainnya, seperti Smart TV, Smart Camera, dan Notebook. Selain itu, Tizen mendukung aplikasi pihak ketiga yang berbasis WEB (HTML5, CSS, JavaScript), Native (C/C++) dan Hybrid (Web & Native).

[caption id="attachment_2711" align="aligncenter" width="320"]Aplikasi os tizen Aplikasi os tizen (Logo By Linux Foundation [CC BY 3.0], via Wikimedia Commons)[/caption]Kelebihan OS Tizen dibanding Android terletak pada sistem tema yang memungkinkan pengguna untuk mengubah warna tampilan standar menjadi warna sesuai keinginan pengguna. Fitur ini belum ada pada Android. Hal ini berpotensi untuk menyaingi Android dan iOS, karena harganya yang lebih terjangkau, hanya masih memerlukan waktu untuk lebih dikenal dan menguasai pasar.

Berpenampilan layar 4 inch, Z2 mengadopsi panel TFT capacitive touchscreen, 256K colors dengan resolusi 480 x 800 piksel serta densitas 233 ppi dengan ketebalan 10.8mm dan berat 127 gram dan tiga pilihan warna case yaitu hitam, merah dan emas. Selain konektifitas 4G LTE cross band termasuk kanal 850 MHz dan 2.300 MHz, Samsung Z2 juga menyediakan Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot Bluetooth v4.0, A2DP GPS dan microUSB v2.0.

Menggunakan baterai Lithium Ion 1.500 mAh yang mampu beroperasi hingga 8 jam di mode talktime 3G. Samsung Z2 disematkan processor powerful empat inti seri Speadtrum SC9830 dengan clock 1,5 GHz, ROM 1 GB dan RAM 8 GB yang dapat ditambahkan dengan slot kartu MicroSD hingga 200 GB. Dari sisi kamera Z2 memiliki kamera utama 5 MP dan kamera depan VGA. Untuk aplikasi dapat mendonlot langsung di Tizen Store dengan 6500 tawaran aplikasi. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar