Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh? Gunakan 8 Superfood Ini

Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh? Gunakan 8 Superfood Ini

Pernah mendengar istilah superfood? Superfood merupakan istilah dalam dunia kesehatan, yaitu makanan yang diyakini mengandung banyak nutrisi lebih lengkap dan padat jika dibandingkan dengan jenis makanan yang lain sehingga akan berdampak baik pada kesehatan tubuh.

Ada sekitar 50 – 100 jenis superfood di dunia ini. Superfood sedang menjadi tren di kalangan penggiat diet sehat, tetapi bukan berarti superfood merupakan dewanya makanan. Tetapi makanan ini memang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jenis makanan yang lain yang mengandung lemak dan kolesterol. Para pengusung hidup sehat  dan beberapa ahli gizi meyakini bahwa superfood mengandung berbagai macam zat pencegah penyakit yang bisa didapatkan dengan mudah, ekonomis dan rasanya sudah enak tanpa harus ditambahkan bumbu, garam atau gula.

[caption id="attachment_2558" align="aligncenter" width="525"]Cara meningkatkan sistem imun Cara meningkatkan sistem imun (Ilustrasi/pexels)[/caption]

Pada masa musim pancaroba ini, dimana cuaca sering berubah dengan tiba–tiba, biasanya juga membuat tingkat kekebalan tubuh menurun dan menjadi gampang sakit, flu misalnya. Superfood dikatakan bisa memasok nutrisi untuk tubuh, yang akan digunakan untuk memerangi penyebab penyakit, seperti virus dan mencegah infeksi. Bahkan diyakini pula bahwa superfood bisa digunakan untuk mencegah kanker.

Kita selalu berusaha untuk menjaga tubuh agar tidak sakit terutama di saat sedang musim flu, karena cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Tidak ada salahnya jika mencoba khasiat superfood untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda bukan? Berikut ini beberapa superfood yang bisa anda konsumsi, semoga bermanfaat.

  1. Ketela Rambat / Ubi Jalar


Tanaman akar ini kaya akan vitamin A bahkan nilainya mencapai lebih dari 1300 AKG (Angka Kecukupan Gizi). Dari dagingnya sangat terlihat bahwa ketela mengandung beta karoten yang sangat baik untuk penglihatan. Dan yang lebih penting, vitamin A merupakan penghalang alami bagi kuman untuk masuk ke dalam tubuh dengan cara membuat membran dan selaput lendir yang lebih sehat dan kuat pada pencernaan, sistem pernafasan dan paru–paru. Anda bisa mengonsumsinya dengan hanya dikukus saja, atau bisa dengan mengolahnya sesuai selera anda.

  1. Yogurt


Seperti kita ketahui, yogurt adalah hasil fermentasi susu yang mengandung bakteri, baik bagi tubuh terlebih pencernaan yang disebut sebagai probiotik. Mikroorganisme di dalam yogurt membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memerangi infeksi, mengurangi inflamasi atau peradangan, dan menurunkan pertumbuhan bakteri berbahaya dalam usus anda. Yogurt juga bisa menjadi sumber kalsium, vitamin D, potasium dan protein bagi anda.

  1. Teh hijau


Kaya akan antioksidan polifenol, membuat teh hijau bisa mengurangi risiko kanker pada manusia. Tetapi karena seperti jenis teh yang lainnya, teh hijau juga mengandung kafein yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Cukup minum teh hijau sebanyak 1 – 2 cangkir sehari agar hasilnya untuk membantu kekebalan tubuh tercapai, bukan sebaliknya malah mendatangkan penyakit baru, karena kekurangan zat besi sebagai akibat terlalu banyak kafein dalam tubuh kita.

  1. Bawang Putih


Sebagai golongan superfood, bawang tidak hanya berfungsi untuk menambah cita rasa pada makanan, tapi juga mengandung senyawa bioaktif yang disebut alisin yang berfungsi sebagai antioksidan. Alisin akan meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh, yaitu glutation peroksidase dan katalase yang merupakan enzim alami di dalam tubuh. Enzim ini berperan untuk menangkal radikal bebas, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Alisin juga merupakan antibiotika yang ampuh bahkan 15 kali lebih kuat dari penisilin. Menambahkan satu siung bawang ke dalam makanan anda juga akan membantu anda terhindar dari sakit flu.

  1. Jamur


Jamur merupakan makanan rendah kalori tapi kaya akan nutrisi, seperti vitamin B, selenium, potasium dan vitamin D. Di samping itu ada sebuah komponen penting di dalam jamur yang disebut beta glucan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah pertumbuhan kanker sebaik mencegah pertumbuhan tumor. Jamur yang paling banyak mengandung beta glucan ialah jamur shiitake dan jamur tiram.

  1. Tiram


Tubuh kita membutuhkan Zink untuk membentuk sel T - limfosit, yaitu jenis sel darah putih yang berfungsi untuk membentuk antibodi yang akan melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Jika anda makan 3 ons tiram, sudah mengandung 74 mg zink yang setara dengan 493% dari kebutuhan zink perhari, ini sudah cukup. Bagaimana kalau sulit menemukan tiram atau anda tidak suka tiram? Anda bisa mendapatkan zink dari kepiting atau sereal bijian utuh.

  1. Madu


Madu sudah sejak jaman dulu digunakan dalam bidang pengobatan. Madu tinggi akan gula yang mudah diserap oleh tubuh (monosakarida) juga mengandung zat kimiawi alami yang baik untuk melawan bakteri seperti E. Coli. Madu juga akan membantu menperbaiki kulit yang luka, menyembuhkan tukak lambung, juga sebagai anti inflamasi. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsilah madu sebanyak 1-5 sendok makan perhari. Gunakan madu sebagai pengganti gula dalam campuran makanan dan minuman anda.

  1. Blueberry


Buah dari keluarga berry ini mengandung imun booster yang sangat tinggi, selain rendah kalori, tinggi serat, dan merupakan sumber vitamin C dan mangan yang baik. Blueberry juga kaya akan polifenol, yang merupakan senyawa antioksidan. Riset menyebutkan bahwa buah ini memiliki komponen penting yang disebut dengan pterostilben yang jika dikombinasikan dengan vitamin D akan berfungsi sebagai anti mikroba.  Secangkir blueberry cukup untuk memenuhi kebutuhan anda sehari.

Itulah beberapa jenis superfood yang bisa anda konsumsi untuk memelihara kekebalan tubuh, tapi sebaik apapun sesuatu, jika berlebihan akan menjadi tidak baik, jadi sebaiknya anda mengonsumsi sesuai takaran yang telah disarankan. Selamat mencoba.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar