Anda Sedang Diet? Ikuti Tips Makan Siang Yang Sehat

Anda Sedang Diet? Ikuti Tips Makan Siang Yang Sehat

Seberapa sehatkah makan siang anda? Seringkali kita berusaha mati-matian untuk melakukan sarapan sehat dan menghindari makan malam agar berat badan tidak bertambah, tapi lupa soal makan siang. Terutama bagi anda yang bekerja kantoran, tentu saja waktu makan siang anda biasanya di luar rumah, entah di kantor ataupun di tempat makan yang lainnya, sehingga faktor kesehatan dari makanan tersebut tidak diperhitungkan lagi. Yang penting kenyang dan enak, apalagi kalau anda bekerja, waktu makan anda hanya maksimal 1 jam. Hal ini tentu saja membuat upaya anda untuk makan sehat pada sarapan dan makan malam menjadi sia-sia.

Lalu bagaimana caranya agar makan siang anda setidaknya bisa digolongkan ke dalam makanan yang memenuhi standar minimal sehat. Caranya ialah siapkan makan siang anda sendiri, meskipun mungkin tidak bisa dilakukan tiap hari, tapi setidaknya akan lebih baik daripada setiap hari makan siang sembarangan. Apalagi jika anda orang yang tidak harus bekerja di kantor, tentu saja memasak makan siang yang sehat bisa anda upayakan tiap hari.

[caption id="attachment_2455" align="aligncenter" width="640"]Tiap makan siang yang sehat Tips makan siang yang sehat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Makan siang yang baik ialah makan makanan yang akan lebih lama menghindarkan anda dari keinginan untuk ngemil dan membuat anda merasa kenyang lebih lama sampai waktunya makan malam. Makanan yang sehat harus mengandung tiga komponen ini, yaitu:

  1. Protein


Jika makanan anda mengandung cukup protein, maka akan ada dua keuntungan yang bisa anda dapatkan, yaitu protein akan membuat perut anda merasa kenyang lebih lama, protein juga akan membantu metabolisme tubuh anda, sehingga pembakaran kalori menjadi otot akan lebih efektif. Hal ini tentunya akan mengurangi jumlah lemak yang akan tersimpan di dalam tubuh anda.

Anda bisa browsing untuk mengetahui berapa gram kebutuhan protein anda setiap hari dan makanan apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut, karena tentu saja kebutuhan protein anak-anak dan orang dewasa akan berbeda, tinggal anda sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda.

  1. Cukup serat


Serat merupakan sumber energi yang baik untuk anda yang sedang diet. Serat ada dua macam, yaitu serat larut air (soluble fiber) yang diperoleh dari tanaman batang hijau seperti kacang almon, oat, brokoli, wortel, pisang, apel dan buah-buahan berry. Serat larut air ini akan membentuk semacam gel ketika dicerna, yang membuat lambung menjadi terasa lebih kenyang.

Yang kedua ialah serat tidak larut (insoluble fiber) yang berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan. Contoh dari protein tidak larut ialah gandum utuh, biji-bijian, daunan hijau, alpukat, kiwi dan tomat. Jadi pastikan menu makan siang anda mengandung cukup serat dari sayuran dan buah-buahan agar pencernaan anda lancar dan lebih sehat. Selain sayur dan buah-buahan, anda juga bisa memperoleh serat dari biji-bijian utuh

  1. Cukup Cairan


Sebaiknya hindari minum kafein, soda, dan gula setelah makan siang, karena jenis minuman yang mengandung zat-zat tersebut akan membuat anda merasa lebih cepat lapar. Selain itu juga kurang baik untuk tubuh anda, karena mengandung banyak kalori, jadi sebaiknya anda minum air putih atau minuman lain yang cenderung tawar.

Tips makan siang yang sehat


Lalu bagaimana agar makan siang anda lebih sehat, berikut tipsnya.

  1. Buatlah Makan Siang Anda Sendiri / Bawalah Makan Siang Dari Rumah


Orang yang cerdas dalam menjaga kesehatan dan berat badannya akan lebih suka membawa bekal makan siangnya dari rumah, karena tentu saja anda akan bisa memilih bahan makanan yang masih bagus dan mengolahnya dengan cara yang benar. Selain itu, menurut penelitian dari ahli makanan Brian Wansink, anda akan merasa lebih senang mengemas makan siang anda ketika anda telah menyiapkan bahan-bahannya sejak setelah makan malam di malam sebelumnya. Selain itu, jika anda telah menyiapkan semuanya tepat setelah anda makan malam dalam keadaan perut kenyang, maka anda tidak akan berlebihan dalam jumlahnya.

  1. Jangan Makan Di Meja Kerja Anda


Kenapa sebaiknya anda tidak makan siang di meja kerja anda? Karena biasanya tanpa anda sadari anda, akan makan lebih sedikit dari jumlah kalori yang seharusnya, apalagi kalau anda makan sambil melakukan pekerjaan anda. Jika ini terjadi, maka tidak lama dari jam makan siang anda akan merasa lapar lagi, dan akhirnya akan membuat anda ngemil lebih banyak dan tidak terkendali, akibatnya justru makan dengan lebih banyak jumlah kalori.

  1. Rencanakan Dengan Baik Jika Ingin Makan Di Luar/ Restoran


Kadang pasti anda merasa bosan dengan menu rumahan dan ingin sesekali makan di restoran atau warung makan. Tentu saja ini boleh dilakukan, tapi rencanakan terlebih dahulu apa saja yang akan anda makan nanti. Usahakan kalori yang anda makan akan tetap relatif sama dengan ketika anda membawa sendiri makan siang anda dari rumah. Ingatlah komponen apa saja yang harus ada dalam menu makan siang anda agar kesehatan anda tetap terjaga, jangan asal doyan. Sebaiknya makan siang anda mengandung tidak lebih dari 500 kalori.


  1. Jangan Lupakan Buah Dan Sayur


Yang terakhir, tentu saja sertakan buah dan sayur dalam menu makan siang anda agar kebutuhan serat dan mineral tercukupi. Dan yang terpenting ialah anda tidak cepat merasa lapar kembali sehingga akan menghindarkan anda lebih banyak ngemil sebelum makan malam.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar