Anda Ketagihan Makanan Manis? Ikuti 5 Tips Ini Untuk Menjaga Kesehatan
Anda

Anda Ketagihan Makanan Manis? Ikuti 5 Tips Ini Untuk Menjaga Kesehatan Anda

Apakah anda merasa, kalau anda selalu ingin makan permen atau makanan manis yang lainnya? Merasa tidak bisa tanpa makanan tersebut? Riset menunjukkan bahwa gula atau makanan yang manis akan memberikan sinyal kepada otak yang membuat anda menjadi merasa seperti orang ngidam, sangat menginginkan makanan tersebut, bahkan akan membuat anda mengabaikan apakah ada cukup nutrisi di dalamnya.

Bagaimana jika hal tersebut benar–benar terjadi pada anda, sementara seperti kita ketahui bersama bahwa gula dan makanan manis yang lainnya, selain akan membuat tubuh menjadi mudah gemuk juga rawan terserang penyakit diabetes karena kandungan kalorinya yang tinggi.

[caption id="attachment_2622" align="aligncenter" width="640"]Tips makan makanan manis Tips makan makanan manis (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Berikut langkah–langkah mudah untuk mengurangi atau mengatur ketergantungan dan ketagihan anda terhadap makanan–makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, sehingga berat badan anda juga akan tetap terjaga.

  1. Makan Teratur


Cara mudah untuk membuat anda ingin makan yang manis–manis yang biasanya berupa cemilan atau permen ialah makanlah secara teratur tepat pada waktunya. Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat dan protein sebanyak 3 – 6 kali sehari agar energi anda tetap terjaga, sehingga akan menghindarkan anda dari makanan manis secara berlebihan. Tubuh yang lemas karena kekurangan asupan makanan bergizi akan mendorong anda untuk makan yang manis.

  1. Sikatlah Gigi Anda


Sikat gigi dengan odol rasa mint akan mengalihkan pikiran anda dari keinginan ngemil yang manis–manis. Selain itu, menyikat gigi secara teratur tentu saja akan melindungi gigi anda dari kerusakan.

  1. Mengunyah Daun Gymnema


Apakah daun gymnema itu? Daun gymnema ialah daun yang berasal dari tanaman gymnema yang berasal di India.  Daun ini diyakini bisa mengobati diabetes, menghalangi penyerapan gula dalam usus, membantu mengatur gula darah dan mendorong pelepasan hormon insulin dari pankreas. Dengan meletakkan daun ini di lidah anda, maka rasa ingin mencicipi gula akan berhenti. Anda bisa membeli daun ini di hypermarket di kota anda.

  1. Berusahalah Untuk Tidak Mudah Cemas


Secara psikologis, kecemasan seringkali akan mendorong anda untuk makan. Semakin sering anda merasa cemas, maka keinginan makan anda juga akan semakin besar. Dan biasanya akan dilampiaskan dengan ngemil, sedangkan cemilan pada umumnya memiliki rasa manis atau mengandung gula yang tidak sedikit.

  1. Kenali Saat Rasa Ingin Makan Datang


Hal yang tidak kalah penting ialah kenali kapan hasrat untuk makan-makanan manis itu datang, apakah setiap saat atau berhubungan dengan mood anda, seperti saat merasa cemas, sedih, sendirian atau yang lainnya. Jika anda sudah tahu kapan keinginan itu muncul, maka anda bisa mengalihkannya dengan melakukan kegiatan lain, seperti olahraga, pergi jalan–jalan atau melakukan aktivitas lainnya. Tapi bagaimana jika keinginan ngemil yang manis tidak juga hilang? Makanlah sepotong dark coklat yang akan membantu anda menurunkan tekanan darah dan mengandung antioksidan. Yang perlu diingat ialah jangan makan terlalu banyak.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat untuk anda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar