9 Tips Mengatasi Gangguan PMS Dengan Mudah

9 Tips Mengatasi Gangguan PMS Dengan Mudah

 

PMS atau Pre Menstrual Syndrom seringkali menjadi hal yang menyebalkan bagi hampir semua perempuan usia subur. Selain emosi menjadi tidak stabil dan sensitif, gampang marah, juga gejala fisik yang tidak kalah menyiksa, seperti nyeri pada perut, pusing-pusing, badan menjadi lemas dan banyak jerawat tumbuh di wajah. Tetapi bagaimanapun, meskipun mengganggu, tapi hal tersebut merupakan hasil kinerja dari hormon-hormon reproduksi di dalam tubuh kita. Dan itu merupakan sebuah hal yang wajar terjadi, artinya hormon masih bekerja dengan baik.

Selama PMS terjadi, kita sebagai wanita seringkali merasa tidak nyaman, lebih dari 85% wanita pasti mengalami paling tidak salah satu gejala dari PMS tersebut. Yang sering terjadi ialah mereka mengalami kestidakstabilan emosi yang bisa menyebabkan timbulnya depresi dan kecemasan yang berlebihan, mudah merasa stres, serta gangguan mood yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar serotonin dalam tubuh yang dapat menyebabkan mood swings atau mood yang turun naik. Beberapa terapi medis dengan obat-obatan memang bisa mengurangi gangguannya, tetapi jika mungkin dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan gangguan yang lainnya, sebagai efek samping dari obat tersebut.

[caption id="attachment_2700" align="aligncenter" width="579"]Tips mengatasi gangguan PMS Tips mengatasi gangguan PMS (Ilustrasi/wikimedia)[/caption]

Sebenarnya beberapa bahan alami bisa membantu mengurangi gangguan PMS dan tidak sulit untuk mendapatkannya, yaitu:

  1. Yogurt


Yogurt memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan terutama bagi wanita, antara lain untuk mencegah osteoporosis, karena wanita pada saat haid akan kehilangan juga kalsium yang ikut keluar bersama darah menstruasi, sehingga jika tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup akan mudah mengalami kekeroposan tulang. Yogurt merupakan sumber kalsium yang baik, dan kalsium merupakan mineral yang bisa mengurangi gangguan PMS hingga 50%. Selain itu, yogurt akan mengurangi jumlah bakteri jahat pada organ kewanitaan tanpa mematikan bakteri yang baik. Yogurt juga cocok untuk orang yang alergi terhadap susu.

  1. Tuna


Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, tuna juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk mengatasi PMS, karena vitamin D merupakan vitamin yang berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Vitamin D juga membantu mengurangi risiko darah tinggi karena depresi, sehingga ini juga penting untuk mengatasi PMS. Konsumsi vitamin D secara teratur selama PMS dan masa haid akan mengurangi gangguan yang ditimbulkan oleh dua hal tersebut.

  1. Daging Ayam


Menurut AHA (American Heart Association), makan daging ayam tanpa kulit lebih baik daripada makan daging merah. Selain lebih rendah lemak dan kolesterol, daging ayam juga merupakan sumber vitamin B yang baik, sedangkan vitamin B berperan untuk mengurangi gangguan PMS, baik fisik maupun psikis/ emosi.

  1. Kacang Mede


Biji dari jambu monyet ini dikenal sebagai jenis kacang-kacangan yang biasa dicampurkan ke dalam olahan coklat. Tapi mungkin tidak banyak yang tahu bahwa, menurut penelitian, kacang mede bisa menstabilkan tekanan darah, baik untuk menjaga kesehatan organ-organ kardivaskuler dan meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satu mineral yang terdapat di dalam kacang mede ialah Zinc, dan mineral inilah yang membantu mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman karena PMS.

  1. Oat


Oat sudah lama dikenal sebagai bahan pangan yang memiliki healing power atau kemampuan untuk menyembuhkan yang baik dengan berbagai macam cara. Di dalam oat terdapat Mangaan yang memiliki banyak peranan dalam metabolisme tubuh, menjaga tekanan darah tetap stabil, dan penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan Mangaan saat PMS akan memperburuk gangguannya pada tubuh.

  1. Teh


Kurangi gangguan PMS dengan minum secangkir teh. Teh memiliki kandungan thianine yang dapat menjaga mood tetap baik, sehingga akan mengurangi gangguan emosional yang disebabkan oleh PMS.

  1. Kacang Kedelai


Kacang kedelai hadir dalam berbagai macam bahan makanan di Indonesia dan harganya relatif terjangkau. Tahu, tempe, susu kedelai merupakan contoh hasil olahan kedelai yang mudah dan sering sekali kita temui. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, kedelai bisa membantu mengurangi sakit akibat PMS dan mengurangi risiko osteoporosis pada wanita.

  1. Biji Bunga Matahari


Biji bunga matahari lebih dikenal dengan kuaci bunga matahari, memiliki manfaat cukup banyak untuk kesehatan. Jajanan ini ternyata bisa membantu melawan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskuler. Kuaci bunga matahari merupakan sumber lemak tak jenuh ganda yang akan mengurangi gejala PMS.

  1. Pisang


Triptopan yang terkandung di dalam buah pisang ternyata dapat mengurangi terjadinya mood swings saat PMS. Selain itu, triptopan juga merupakan asam amino yang membantu produksi hormon serotonin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan.

Selain makanan yang sebaiknya anda konsumsi selama PMS seperti di atas, ada juga beberapa makanan yang harus atau sebaiknya dihindari selama PMS dan menstruasi, yaitu makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi, makanan dengan kadar gula dan lemak tinggi, juga minuman beralk**ol.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar