9 Tips Memilih Buah Segar

9 Tips Memilih Buah Segar

Biasanya para ibu jago memilih buah segar, bagaimana dengan anda yang ingin membeli buah sendiri atau akan diberikan pada rekan atau saudara? Jangan sampai buah yang dipilih untuk dikonsumsi pribadi atau akan dihadiahkan ternyata rasanya masam, masih mengkal atau bahkan sudah terlalu masak.

Agar buah yang dibeli terjamin gizi dan rasanya, berikut ini tips memilih buah segar yang patut dicoba.

1. Pilih buah yang berbobot lebih dengan ukuran sama.


Bila anda memilih buah, timbanglah dengan kedua tangan satu di kiri dan satu di kanan. Bandingkan buah mana yang lebih berat karena buah yang lebih berat memiliki kadar air yang lebih, artinya buah lebih baru dan segar. Kandungan kadar air juga mengartikan bahwa kandungan gizi buah lebih banyak.

[caption id="attachment_2526" align="aligncenter" width="640"]Cara memilih buah yang segar dan sehat Cara memilih buah yang segar dan sehat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Untuk Buah berkulit tipis, pilihlah buah yang kulitnya segar tidak kusam.

  2. Perhatikan bagian tangkai buah.


Pilih buah yang masih bertangkai. Sisa tangkai dapat menjaga buah lebih tahan lama, karena belum ada bagian atas buah yang terkoyak.

  1. Untuk buah berkulit tebal, pilih buah yang banyak goresan warna kuning dan warna hijau tua.


Buah melon dan semangka yang berkulit tebal merupakan salah satu contohnya. Ketuklah kulit buah, bila membal artinya buah sudah matang, berisi dan manis rasanya.

  1. Pilih buah yang tidak penyok karena tentu akan mempengaruhi rasanya.



  1. Untuk buah yang kecil dan berkulit tipis, pilihlah buah yang baik bentuknya dan tidak basah terkena air.


Buah strawberry, blueberry, anggur, sebaiknya dicuci sesaat sebelum dimakan. Jangan mencuci buah ini lalu menyimpannya, karena air akan diserap kulit buah dan membuat buah cepat busuk. Sebaiknya simpan buah jenis ini diatas tissue di dalam toples tertutup lalu disimpan di dalam kulkas.

  1. Bila buah yang anda beli masih mengkal, simpanlah di dalam kantong plastik berwarna putih atau kantong karton cokelat. Jangan ditaruh di dalam kulkas, karena akan memperlambat proses masaknya buah.

  2. Untuk memilih buah yang manis, ciumlah aroma bagian bawah buah yaitu sisi yang berseberangan dengan tangkai. Semakin wangi aroma buah maka semakin manis rasanya.

  3. Pilih buah yang kulitnya bertekstur dibanding yang mulus licin.


Inilah tips lainnya dalam memilih buah yang lezat. Kulit yang terlihat ada bintik kecil bekas serangga menandakan rasanya manis dan enak dagingnya. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar