8 Cara Ampuh Mengobati Jerawat Yang Tidak Pernah Anda PikirkanSebelumnya

8 Cara Ampuh Mengobati Jerawat Yang Tidak Pernah Anda PikirkanSebelumnya

Dunia seperti kiamat ketika wajah diserang jerawat, apalagi kalau bukan hanya satu, tapi segerombolan hingga memenuhi pipi atau dahi. Belum lagi kalau hari itu atau dalam waktu dekat harus bertemu dengan klien atau orang spesial, rasanya ingin sekali mengumpat jerawat kenapa datang di saat tidak tepat. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali harus battle melawan jerawat, bagaimanapun caranya, yang penting wajah bisa cantik kembali. Ini seperti sudah menjadi masalah bagi banyak wanita, terutama mereka yang masih dalam usia puber dan remaja, dimana hormon pertumbuhan sedang tinggi–tingginya di dalam tubuh. Selama ini, mungkin ketika jerawat menghadang, anda sudah melakukan banyak cara untuk mengusirnya, tetapi ternyata sia-sia saja, jerawat tetap ngeyel bertengger di wajah.

Penyebab Jerawat


Banyak hal yang bisa menyebabkan jerawat, yaitu cuaca, kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit, stres dan bisa juga hormonal, seperti saat PMS misalnya, selain juga karena jenis kulit wajah yang sensitif, sehingga mudah sekali ditumbuhi jerawat.
Cara menghilangkan jerawat secara alami
Cara menghilangkan jerawat secara alami


Mungkin anda merasa sudah rajin membersihkan wajah, tapi kenapa jerawat tetap rajin mampir dan menimbulkan rasa kesal serta tidak percaya diri. Anda mungkin juga sudah rela merogoh kocek untuk mengunjungi klinik kecantikan atau dokter kulit, tetapi hasilnya masih kurang memuaskan, tidak ada salahnya anda mulai mencoba mengendalikan jerawat anda dengan menggunakan bahan–bahan berikut ini.

  1. Es Batu

Gunakan es batu untuk mengecilkan pori–pori kulit wajah anda, juga untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya ialah dengan membungkus es batu dengan sapu tangan atau kain bersih dan tempelkan pada kulit yang berjerawat.

  1. Madu

Salah satu manfaat madu ialah sebagai agen anti inflamasi atau anti peradangan. Anda bisa menggunakan madu sebagai masker wajah untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada jerawat. Lakukan minimal seminggu sekali.

  1. Kunyit

Satu lagi bahan alami yang memiliki sejuta manfaat, yaitu kunyit. Tumbuhan akar ini biasa digunakan sebagai bumbu atau obat herbal. Mungkin anda belum tahu bahwa menggunakan kunyit sebagai masker wajah akan membantu anda melawan jerawat, karena kunyit merupakan anti inflamasi yang sulit ditandingi oleh bahan lainnya. Anda bisa membeli bubuk kunyit siap pakai atau bisa membuatnya sendiri dengan cara diparut atau diblender.

  1. Krim Hidrokortison

Krim hidrokortison adalah obat yang digunakan sebagai pengurang rasa gatal dan juga pembengkakan / peradangan pada kulit. Tentu saja jika dioleskan pada jerawat akan bisa mambantu mengempiskan jerawat dan mengurangi rasa gatal yang seringkali menganggu pada jerawat. Anda bisa membeli krim ini di toko obat dan apotek di kota anda.

  1. Calamin Lotion

Anda mungkin sering membaca komposisi dalam bedak gatal? Ya anda akan menemukan bahan yang disebut calamin. Calamin adalah zat pengurang gatal yang tentu saja akan sangat berguna untuk anda dalam mengatasi masalah jerawat. Calamin juga berguna untuk mengurangi kemerahan pada jerawat.

  1. Kulit Pisang

Apakah anda pernah berpikir, bahwa kulit pisang bisa menyembuhkan jerawat? Jangan heran, karena kulit dari buah tropis yang satu ini ternyata mengandung antioksidan dan potasium yang sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat.

Tempelkan kulit pisang pada kulit yang berjerawat, dan sedikit demi sedikit kemerahan pada jerawat anda akan berkurang dan hilang secara perlahan–lahan.

  1. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sangat mudah untuk didapatkan dan gampang untuk ditanam dimanapun. Rupanya, selain rasanya lezat dan mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, lidah buaya juga bisa mengurangi kemerahan dan rasa gatal pada jerawat. Caranya mudah, anda tinggal oleskan gel pada lidah buaya pada wajah yang berjerawat malam hari sebelum tidur.

  1. Tea Tree Oil

Pernah mendengar tea tree oil? Meskipun mengandung kata oil, tetapi bukanlah sesuatu yang berminyak, tetapi justru terasa kering jika dipakai. Tea tree oil bukanlah teh seperti yang kita kenal, tetapi merupakan minyak esensial yang dihasilkan dari pohon Melaleuca yang berasal dari Australia. Minyak ini mengandung antiseptik dan antimikroba yang baik untuk mengurangi faktor penyebab jerawat. Selain itu, juga bersifat anti inflamasi yang menghindarkan wajah dari peradangan.

Sebagaimana obat dan perawatan yang lain, tidak semua jenis kulit cocok dengan cara diatas, jadi sebaiknya anda melakukan percobaan terlebih dahulu. Jika dirasa cocok dan memberikan hasil yang memuaskan, anda bisa melanjutkan treatment tersebut, tapi jika tidak, lebih baik anda hentikan dan coba cara yang lain.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar