7 Cara Meningkatkan Kreativitas pada anak

7 Cara Meningkatkan Kreativitas pada anak

 

Kreativitas pada anak perlu ditumbuhkan sejak dini. Kreativitas dapat dilihat dari rasa ingin tahu seorang anak yang tiada hentinya, dan rasa ingin tahu inilah yang dapat membuat seorang anak dapat berkembang lebih baik lagi. Kreativitas dapat dikembangkan dengan cara di bawah ini :

  1. Dengan Bermain.


Bermain merupakan dasar dalam mengembangkan kreativitas anak. Maka sering–seringlah mengajak anak untuk bermain. Karena dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan ini, anak dapat mengungkapkan gagasan–gagasan secara bebas dalam hubungan dengan lingkungannya.

[caption id="attachment_2553" align="aligncenter" width="640"]Cara meningkatkan kreativitas anak Cara meningkatkan kreativitas anak (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Melatih Kemampuan otak kanan anak.


Latihlah kemampuan otak kanan anak dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti bernyanyi, menggambar, bermain musik, melukis dan berbagai kegiatan kreatif lainnya. Sehingga kemampuan otak kanan anak dapat bekerja lebih optimal, dan seimbang dengan kemampuan otak kirinya yang sering digunakan di sekolah. Dengan begitu berbagai prestasi akan bisa didapatkan oleh anak bukan hanya di bidang akademis saja, namun juga non akademis.

  1. Mengajak anak rekreasi.


Ajaklah anak ke tempat yang belum dikunjunginya sesekali mungkin saat liburan sekolah, misalnya museum, kebun binatang, ataupun taman mini. Dengan mengajaknya ke beberapa tempat tersebut maka anak dapat mengenal dan mengetahui hal–hal baru, sehingga imajinasi anak dapat meningkat.

  1. Meningkatkan Perbendaharaan kata pada anak.


Semakin tinggi perbendaharaan kata anak, maka seorang anak akan menjadi lebih mudah dalam memahami sesuatu. Ajaklah anak untuk melakukan kegiatan membaca, misalnya dengan mendongengkan ia cerita menarik, mengajaknya tanya jawab, bernyanyi, atau mendorongnya untuk menceritakan pengalaman yang ia lakukan sehari–hari.

  1. Melatih Ketelitian anak.


Dengan membiasakan anak untuk belajar sesuatu secara detail, maka anak–anak akan menjadi lebih termotivasi untuk mengenal secara mendalam tentang sesuatu yang mereka ketahui. Sehingga setelah mereka dewasa nanti, mereka juga akan tertarik untuk menemukan hal–hal baru lain tentang sesuatu yang pernah ia jumpai.

  1. Melatih Kemampuan Mendengar anak.


Untuk melatih kemampuan mendengar anak, sebaiknya ajaklah anak untuk mendengarkan lagu atau cerita, misalnya dengan menggunakan media audio sebagai media pembelajaran anak. Lalu kemudian tanyakan sesuatu secara tebak–tebakan hal yang berhubungan dengan lagu atau cerita tersebut.

  1. Ciptakan Suasana yang menghibur.


Suasana lingkungan keluarga yang terlalu serius dan kaku, biasanya juga kurang mendukung dalam mengembangkan kreativitas anak. Ajaklah anak untuk bercanda di saat santai dan sisipkan gurauan dan humoran–humoran kecil. Hal ini dapat membuat anak merasa senang dan rileks sehingga ia menjadi lebih ekspresif terutama dalam hal bakat dan kreativitas yang ia miliki.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar