6 Strategi Menata Rumah Yang Sempit

6 Strategi Menata Rumah Yang Sempit

Memiliki rumah yang luas merupakan impian semua orang. Semua barang yang kita punya dan inginkan pasti bisa masuk ke dalam rumah kita. Namun apa jadinya bila rumah yang kita punya ternyata kecil dan sempit ? Dan kita tidak tahu bagaimana cara menatanya dengan baik.

Di zaman yang serba mudah menemukan informasi saat ini, untuk menata rumah yang sempit pasti dapat dengan mudah dilakukan. Kita dituntut untuk kreatif agar kita dapat menata rumah kita yang sempit ini menjadi lebih tertata dengan baik, caranya yaitu :

  1. Singkirkan barang yang tak lagi diperlukan.


[caption id="attachment_2502" align="aligncenter" width="525"]Cara menata rumah kecil sederhana Cara menata rumah kecil sederhana[/caption]

Memiliki barang yang sudah tak digunakan lagi sebaiknya dikumpulkan dan dipindahkan ke gudang. Karena dengan meletakannya di dalam rumah akan membuat ruangan tampak sempit. Bisa juga barang tersebut diberikan kepada orang lain atau dijual kembali. Agar barang tersebut dapat bermanfaat.

  1. Pemilihan Warna Cat.


Pilihlah warna cat yang lebih terang agar rumah terlihat lebih luas dan terang, misalnya warna putih. Pemilihan warna cat juga akan mempengaruhi keadaan rumah tampak lebih besar.

  1. Pemilihan Furniture.


Pemilihan furniture yang memiliki beberapa sifat seperti simpel, berdimensi kecil, multi fungsi, atau dengan warna yang menyerupai warna dinding ruangan, sehingga tidak tampil mencolok dan terkesan memenuhi ruangan.

  1. Penataan Furniture.


Efek luas pada suatu ruang paling banyak dipengaruhi  oleh luasan lantai yang bebas tidak tertutup.  Susun furnitur secara mengelompok atau letakkan di pinggir ruangan menepi pada dinding. Sehingga menyisakan lantai bebas yang relatif luas. Manfaatkan celah–celah atau sudut kosong. Misal, pemanfaatan area bawah tangga untuk penyimpanan perkakas.

  1. Mengurangi Sekat Ruangan.


Rumah anda akan terasa semakin sempit apabila terdapat banyak sekat yang memisahkan ruangan satu dengan ruang yang lainnya. Oleh sebab itu, maka anda harus mengurangi jumlah sekat atau dinding pembatas yang ada di dalam rumah.

  1. Memperluas pandangan dalam rumah.


Anda juga dapat membuat taman mini yang sederhana di sekitar rumah anda, agar pandangan anda ketika menatap keluar akan lebih sejuk dan asri. Selain itu, taman kecil juga akan memberikan nilai plus pada keindahan rumah kecil minimalis yang anda huni.

Nah, itulah sedikit ulasan bagaimana caranya menata rumah anda yang terlihat sempit. Maka, buatlah rumah anda agar terlihat menarik dan berkesan menyenangkan meskipun rumah anda berukuran kecil.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar