6 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur

6 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur

Salah satu hal menyebalkan yang cukup sering terjadi ialah susah tidur pada malam hari. Selain bisa mendatangkan rasa kantuk keesokan harinya, sehingga akan mengurangi produktivitas, dan menyebabkan badan terasa lemas. Jika terlalu sering mengalami susah tidur/ insomnia, tentunya akan membuat tingkat kekebalan tubuh menurun, yang akan menyebabkan mudah terkena penyakit.

Jika terlalu sering tidur terlalu larut malam, maka akan banyak sekali efek negatif pada tubuh, seperti akan membuat kulit cepat keriput, karena malam hari seharusnya tubuh memproduksi kolagen dan bisa mengurangi jumlah produksi sper*a pada pria.

[caption id="attachment_2469" align="aligncenter" width="640"]Cara jitu mengatasi susah tidur Cara jitu mengatasi susah tidur (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Memang di pasaran banyak beredar obat-obatan kimia, ataupun yang mengklaim sebagai obat herbal yang digunakan untuk membuat orang mudah mengantuk dan tidur (obat tidur), tetapi jika obat-obatan itu dikonsumsi secara terus-menerus, maka akan membawa efek ketergantungan dan tentunya menjadi kurang baik pada kesehatan.

Adapun cara yang bisa dilakukan agar tidur malam, menjadi lebih nyenyak selain sebisa mungkin menghindari faktor penyebabnya, seperti stres, juga bisa anda lakukan dengan cara mengonsumsi beberapa makanan yang efeknya bisa membuat anda tidur lebih nyenyak.

Makanan yang mengandung triptofan, biji-bijian utuh, mineral seperti kalsium dan magnesium serta bahan herbal, tertentu dapat membantu anda tidur nyenyak pada malam hari. Triptofan merupakan sejenis asam amino yang menstimulasi otak untuk mengeluarkan hormon serotonin (hormon rasa nyaman dan senang) dan melatonin (hormon pengontrol tidur).

Jika anda ingin tidur anda lebih nyenyak, cobalah untuk mengonsumsi beberapa makanan dan minuman ini sebelum tidur.

  1. Pisang Dan Almond


Ambillah satu buah pisang dan segenggam kacang almond. Makanan ini mengandung kombinasi dari triptofan, karbohidrat dan magnesium yang akan membuat anda mengantuk. Kalau anda tidak suka pisang, bisa anda ganti dengan buah cherry yang merupakan sumber dari melatonin.

  1. Biskuit Gandum Utuh Dengan Selai Kacang


Ini merupakan kombinasi lain dari triptofan dan karbohidrat kompleks yang akan membuat tidur menjadi nyenyak. Biskuit yang terbuat dari gandum utuh sudah banyak dijual di minimarket dan swalayan, biasanya produsen akan menuliskan “whole grain” pada kemasan produknya. Bahkan ada satu merk yang kebetulan juga ada varian dengan selai kacang.

  1. Segelas Susu Hangat


Yang satu ini merupakan resep yang sudah sering kita dengar dan sering disarankan oleh orang tua, yaitu minumlah segelas susu hangat sebelum tidur, maka kamu akan tidur dengan nyenyak.

Segelas susu ini mengandung triptofan, kalsium dan magnesium. Cukup minum segelas kecil atau satu cangkir sekitar 200 ml, jangan segelas besar kalau anda tidak ingin sering terbangun karena buang air kecil. Kalsium dan magnesium membantu mengendurkan sistem saraf sehingga mempermudah seseorang untuk tidur.

  1. Semangkok Sereal Bijian Utuh Dengan Susu


Susu mengandung triptofan, kalsium dan magnesium berpadu dengan karbohidrat yang baik dari sereal. Sereal, selain mengandung karbohidrat juga serat, protein, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Paduan ini akan membuat anda cepat merasa ngantuk. Anda juga bisa membuat oatmeal yang diseduh dengan susu hangat, karena oatmeal mengandung banyak melatonin.

  1. Sandwich Roti Gandum


Kalau anda penyuka roti, anda bisa makan sandwich roti gandum sebelum tidur. Ingat, roti gandum tidak sama dengan roti tawar meskipun serupa. Roti gandum dibuat dari biji gandum utuh dengan bulirnya, bukan dari tepung gandum. Biasanya roti gandum berwarna kecoklatan dengan tekstur yang terlihat kasar akibat kulit ari dari gandum tersebut. Roti gandum diyakini mengandung banyak serat dan nutrisi yang masih terjaga.


  1. Segelas Teh Herbal


Segelas teh chamomile bisa membantu anda mengatasi susah tidur. Bunga chamomile telah lama diyakini mampu mengatasi gangguan susah tidur, karena memberikan efek relaksasi dan menenangkan. Anda bisa menambahkan madu yang mengandung triptofan.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar