6 Cara Mengatasi Tubuh Dari Tekanan Darah Rendah

6 Cara Mengatasi Tubuh Dari Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah merupakan keadaan yang jauh lebih berbahaya di banding dengan seseorang yang terkena serangan darah tinggi. Walaupun sama-sama berbahaya, namun orang yang bertekanan darah rendah sering kali tidak sadar akan tekanan darah rendah yang dialaminya.

Bagi anda yang memiliki tekanan darah 70/60 atau sejenisnya, biasanya sering pusing, kaki atau tangan kesemutan, suhu badan terasa dingin atau mungkin mudah pingsan. Untuk anda yang memiliki tekanan darah rendah dapat diatasi dengan melakukan beberapa tambahan kegiatan untuk membantu agar tekanan darah meningkat.

[caption id="attachment_2465" align="aligncenter" width="640"]Mengobati darah rendah Mengobati darah rendah (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Tekanan darah yang rendah dapat diatasi dengan beberapa cara, yaitu :

  1. Rajin melakukan pemanasan tubuh. Misalnya lari di tempat selama beberapa menit atau sekedar berjalan di taman atau udara terbuka. Hal ini dapat memacu kerja jantung agar peredaran darah semakin lancar dan suhu badan meningkat.

  2. Bila anda berada lama di ruang ber-AC dan duduk lama di meja kerja, sesekali berdiri dan keluar ruang kerja agar gerak tubuh anda dapat menghangatkan anda.

  3. Bila anda terlalu letih bekerja dan tubuh anda terasa amat lemas, rajinlah mengonsumsi minuman berkalori dan ber-ion, agar tubuh anda segera fit kembali. Salah satu minuman yang paling mudah didapat ialah minuman teh manis dan jus segar.

  4. Bila anda sering mengalami dada berdebar dan sesak, istirahatkan tubuh anda. Tarik nafas dalam dan perlahan agar paru-paru dapat lebih menghantar oksigen ke jantung. Aturlah jam istirahat anda minimal 7 jam sehari agar anda memiliki kualitas tidur yang cukup.

  5. Makanlah buah dan sayuran hijau dan merah, seperti bit sebagai asupan nutrisi dan serat yang baik bagi tekanan darah anda. Asupan protein juga dapat membantu anda dalam meningkatkan tekanan darah, seperti jeroan (hati dan ampela), juga daging kambing. Tapi tentu kadarnya juga harus dijaga, jangan sampai berlebih, karena akan membuat anda kelebihan kolesterol dalam darah.

  6. Minumlah suplemen penambah darah bila memang dibutuhkan dan biasakan minum air jahe sebagai penghangat tubuh.(SRH)

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar