5 Trik Menghemat Biaya Berkendara

5 Trik Menghemat Biaya Berkendara

Bagi anda yang belum memiliki kendaraan pribadi, tentu mobilitas keseharian mayoritas dilakukan dengan menggunakan jasa angkutan massal yang diatur pemerintah atau dengan menyewa kendaraan. Memang dengan menggunakan jasa umum atau rental akan mengeluarkan dana yang lebih besar.

Di sisi lain, bagi anda yang memiliki kendaraan pribadi baik beroda dua atau empat, masih saja juga mengalami kendala. Tidak hanya mengeluarkan dana pembelian bensin atau solar, namun juga masih harus memikirkan biaya pajak, retribusi, juga perawatan yang memang lumayan merogoh kocek.
Untuk mengatasinya, ada berapa trik yang dapat dilakukan sebagai antisipasi masalah transportasi, sebagai berikut :

1. Untuk jalur sangat dekat biasakan untuk berjalan kaki.


Gunakan kendaraan secara tepat guna. Selain kendaraan, lebih awet juga kesehatan lebih terjaga. Untuk jarak di bawah 100 meter, tidak ada salahnya menggerakkan kaki menuju tujuan tanpa berkendara dengan catatan tidak membawa banyak barang.

2. Bersepeda




[caption id="attachment_2658" align="aligncenter" width="640"]Cara menghemat biaya berkendara Cara menghemat biaya berkendara (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Sarana ini selain murah juga menyehatkan badan. Untuk jarak yang agak jauh, bersepeda menjadi alternatif yang sesuai. Kini parkir di beberapa mall juga kantor sudah banyak disediakan area penyimpanan khusus bagi pengguna sepeda. Selain mengurangi kemacetan, alat yang satu ini juga mampu mengurangi polusi dan jam olahraga terjadwal dengan baik, terutama bila setiap hari digunakan ke sekolah atau kantor.

3. Cari parkir di tempat murah atau member


Tidak semua sarana dimiliki oleh kantor secara pribadi. Untuk kantor yang masih menyewa tempat, biaya parkir gedung siap menanti setiap hari. Bila disediakan tarif member, daftarkanlah diri segera agar biaya retribusi tidak terlalu besar. Atau bila ada sarana parkir di area sekitar yang lebih murah, memang sebaiknya menjadi pilihan karena tarif sewa dihitung perjam, lumayan kan bila dikalikan dengan jam kerja.

4. Gunakan tipe kendaraan yang biaya servicenya ringan.


Pilihlah motor atau mobil yang perawatannya mudah. Pilihan dapat dilihat dari harga oli yang dipakai dan keawetannya, juga mesin yang irit bahan bakar.

5. Bayarlah Pajak Tepat Waktu


Terakhir, janganlah lupa membayar pajak kendaraan karena bila terlambat, tentu uang yang harus dikeluarkan menjadi dua kali lipat karena harus membayar denda. Perhatikan pula rambu lalu-lintas yang ada, agar tidak menyalahi peraturan, akibatnya akan terkena tilang. Semoga bermanfaat (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar