5 Tips Tetap Bugar Saat Traveling

5 Tips Tetap Bugar Saat Traveling

Hal apakah yang seringkali sulit anda lakukan ketika anda sedang dalam sebuah perjalanan / traveling jauh dari rumah? Salah satunya ialah kebiasaan-kebiasaan anda saat di rumah seperti jam makan, jam olahraga, jam tidur dan hal lainnya. Kalau perjalanan tidak memakan waktu yang lama, mungkin tidak menjadi masalah, tapi jika traveling memakan waktu yang cukup lama maka butuh adaptasi agar anda bisa tetap merasa aman.

Salah satu yang acapkali terjadi saat anda traveling ialah kelelahan yang membuat badan menjadi tidak bugar, terasa lemah, letih, lesu sehingga anda menjadi malas melakukan apapun. Jika anda sedang dalam sebuah acara penting dari kantor, maka hal itu akan mengganggu pekerjaan dan tugas anda, jika anda traveling dalam rangka liburan, badan yang tidak bugar hanya akan membuat anda ingin tidur saja dan liburan yang sudah anda rencanakan jauh hari akan menjadi percuma.

[caption id="attachment_2654" align="aligncenter" width="640"]Tips Tetap Bugar Saat Traveling Tips Tetap Bugar Saat Traveling (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi rasa lelah yang mendera agar tubuh tetap segar bugar dan fit. Anda bisa simak tips berikut ini.

  1. Buat Komitmen


Justin Russ, seorang personal trainer di AS mengatakan anda harus memiliki komitmen untuk menjaga makanan dan tetap melakukan latihan atau olahraga yang biasa anda lakukan saat anda di rumah, meskipun anda sedang berada di dalam perjalanan atau bepergian. Olahraga dan makan dengan benar akan membantu meningkatkan produktivitas anda dan tentu saja membantu anda tetap fokus pada apa yang sedang anda kerjakan.

  1. Rencanakan Sedari Awal


Sebelum anda berangkat bepergian atau traveling, tidak ada salahnya jika anda memesan hotel tempat anda nantinya akan menginap, dan tanyakan kepada mereka, apakah ada fasilitas gym disana. Anda juga bisa memeriksa fasilitas ini pada saat anda melakukan reservasi online. Jangan lupa anda perhatikan juga, apakah hotel tersebut menyediakan menu makanan sehat sebagai antisipasi saat anda merasa sangat lapar nanti, sehingga anda tidak makan makanan yang asal enak tetapi kurang baik untuk kesehatan.

Terakhir tuliskan jadwal anda selama di hotel nantinya, masukkan waktu untuk melakukan latihan / olahraga agar anda tidak lupa.

  1. Bawalah Resistance Band


Anda mau cara yang praktis, jadi tidak perlu repot meluangkan waktu untuk ke gym atau kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan latihan di pusat kebugaran nantinya. Mudah saja, anda tinggal memasukkan resistance band ke dalam tas bawaan anda. Resistance band adalah alat fitnes sederhana berupa tali yang diberi pegangan di kedua ujungnya yang berfungsi sebagai pengganti barbel atau dumbbell. Anda bisa gunakan alat ini untuk melakukan peregangan otot lengan atau bisa juga dililitkan pada pergelangan kaki saat anda melakukan sit-up. Dan anda cukup melakukan latihan dengan alat ini di dalam kamar hotel anda.

  1. Kendalikan Nafsu Makan Anda


Hal yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan selama traveling ialah jangan biarkan nafsu makan anda menjadi tidak terkendali. Sebenarnya wajar saja ketika anda sedang berada di luar kota anda ingin mencicipi semua makanan enak di kota tersebut, apalagi tidak setiap hari anda berada di sana. Tapi anda harus ingat, jangan sampai karena makan ngawur, anda malah jadi sakit selama bepergian. Jangan lupa selalu masukkan sayur, buah dan karbohidrat kompleks dalam menu makan anda.

  1. Carilah Partner


Untuk menghindari rasa malas berolahraga, maka ajaklah teman perjalanan anda. Lakukanlah olahraga ringan bersama-sama meskipun itu hanya berjalan kaki mengelilingi area penginapan atau hotel, seperti keliling kolam renang atau area garden. Terutama ketika anda merasa lelah, justru merupakan saat yang tepat untuk melakukannya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar