5 Tips Strategi Pemasaran Online untuk Menarik Konsumen

5 Tips Strategi Pemasaran Online untuk Menarik Konsumen



Di Zaman modern ini, masyarakat dunia termasuk di Indonesia sangat bergantung terhadap aktivitas online. Semua aktivitas seperti pekerjaan, komunikasi, mencari informasi, maupun belanja pun dapat dilakukan melalui online. Tak mau ketinggalan, para pebisnis juga harus mengikuti perkembangan tersebut dengan mengikuti pangsa pasar yang mereka kuasai agar usahanya tetap bertahan bahkan berkembang.

Melihat banyaknya kompetitor yang juga memperluas usahanya melalui media online, mereka harus pintar mengatur strategi, yaitu dengan cara beberapa strategi berikut:

  1. Content Marketing.

Content marketing adalah sebuah pendekatan marketing yang berfokus pada pembuatan dan penyebaran konten yang berkualitas relevan dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan perhatian audiens, dan terutama untuk mengarahkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan. tujuan strategi bisnis ini ialah menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen.
Strategi pemasaran online marketing
Strategi pemasaran online marketing

Informasi tersebut dapat berupa artikel, video, studi kasus, ilustrasi, jurnal, presentasi online, infographics, webinars, laporan riset, microsites, dan aplikasi. Manfaat dari content marketing sendiri, yaitu dapat membangun kepercayaan kepada konsumen, sehingga sedikit demi sedikit, lama–lama dapat meningkatkan penjualan usaha.

  1. Personalized Marketing.

Personalize marketing merupakan strategi pemasaran dengan melihat setiap customer yang menjadi target marketing sebagai seorang individu yang unik, jadi perlakuan untuk setiap konsumen berbeda–beda. Misal sebuah toko online yang menampilkan produk–produk yang dijualnya untuk masing–masing user dikategorikan berdasarkan target lokasi, trek, minat dan hobi, umur, gender, dan sebagainya.

  1. Continuos Marketing.

Pemasaran continuous marketing dapat dilakukan melalui jejaring sosial, seperti facebook dan twitter. Strategi ini menekankan jaringan media sosial yang berfungsi sebagai media promosi yang ditentukan oleh analisis berbagai data, seperti demografi, feedback konsumen, opini dan lainnya untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.

  1. Mobile Marketing.

Mobile marketing merupakan strategi pemasaran yang targetnya ialah calon–calon konsumen yang sering berselancar di dunia maya melalui perangkat mobile, seperti handphone dan tablet. Karena handphone mudah digunakan dan dibawa kemana–mana, maka rata–rata jumlah konsumen yang membeli produk melalui ponsel mencapai 30-40%. Sehingga para pebisnis harus memperbarui atau mendesain ulang website bisnisnya agar terlihat user friendly jika diakses melalui gadget mobile.

  1. Visual Marketing.

Visual marketing ialah strategi marketing dengan menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan. Berkat berbagai situs sharing seperti youtube, pinterest, instragram, dan lainnya, strategi ini menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya. Dengan membuat gambar–gambar yang kreatif dan memorable, dapat menjadikan strategi visual marketing sukses untuk dijalankan.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar