5 Tips Merawat Kulit Kering Tetap Cantik

5 Tips Merawat Kulit Kering Tetap Cantik

 

Kulit merupakan bagian yang penting untuk manusia terutama bagi perempuan. Setiap perempuan pasti menginginkan kulit yang terlihat sehat, terawat dan segar karena itu merupakan hal yang menunjang penampilan dan kecantikan. Bahkan untuk beberapa perempuan, timbulnya satu jerawat saja di wajahnya bisa membuatnya tidak percaya diri dan kebingungan.

Bagi beberapa orang yang kebetulan dianugerahi kulit yang sudah cantik dari sononya, mungkin merawat kecantikan kulit bukanlah perkara yang susah, tetapi bagi mereka yang memiliki jenis kulit tertentu, pastilah ada beberapa kesulitan dalam merawatnya. Di tulisan kali ini, kita akan bahas tips untuk membantu mereka yang memiliki kulit yang kering, agar kulit tetap bisa terlihat segar dan tidak kusam. Berikut tips-tips untuk merawat kulit kering anda terutama pada bagian wajah:

  1. Gunakan Pembersih Wajah Yang Lembut (Mild)


Bagi kulit, kering hindari pemakaian produk pembersih wajah yang mengandung fragrance dan alk**ol karena itu bisa menimbulkan iritasi pada kulit anda. Pilihlah pembersih yang mengandung PH balance dan jangan bersihkan wajah dengan tisu, tapi gunakanlah cleansing oil / face cleansing.

[caption id="attachment_2497" align="aligncenter" width="527"]Cara mengatasi kulit kering secara alami Cara mengatasi kulit kering secara alami (Ilustrasi/pexels)[/caption]

  1. Minyaki Kulit Anda


Selain rajin membersihkan wajah, anda juga harus rajin mengolesi wajah anda dengan minyak esensial, seperti minyak zaitun atau VCO (virgin coconut oil atau minyak kelapa) setelah membersihkan wajah, agar wajah anda tetap lembab. Selain itu, minyak akan melindungi kulit anda dari efek cuaca dingin yang bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

  1. Lakukan Scrubbing Pada Kulit Anda


Proses pengelupasan kulit sangat penting, karena berguna untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati dan mendorong pertumbuhan kulit yang baru. Lakukan srubbing pada wajah anda dan kulit tubuh yang lainnya secara teratur dengan menggunakan bahan–bahan alami, seperti buah pepaya, alpukat, labu atau bengkuang. Anda bisa menambahkan madu dan gunakan sebagai masker wajah atau lulur badan.

  1. Sejukkan Kulit Anda


Jika kulit anda mulai terasa kering maka yang dibutuhkan ialah rawatlah dengan produk–produk yang mengandung emollient dan humectant. Emollient ialah zat yang bisa disebut juga sebagai moisturizer karena fungsinya memang untuk mengurangi kehilangan cairan pada permukaan kulit yang akan menyebabkan kulit menjadi kering, juga untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Contoh dari emollient ialah lanolin, cocoa butter dan shea butter. Sedangkan humectant adalah jenis moisturizer yang merupakan bahan esensial pada produk kosmetik yang berfungsi untuk mencegah kulit dari dehidrasi dan menjaga kelembaban alami kulit. Contoh humectan ialah gliserol.


  1. Lakukan Kebiasaan Ini

    • Banyak minum, agar jaringan tubuh termasuk kulit tidak kekurangan cairan. Kalau anda merasa kesulitan untuk minum dalam jumlah yang terlalu banyak, anda bisa menggantinya dengan minum teh tapi jangan gunakan gula sebagai pemanisnya. Gantilah gula dengan madu. Sel–sel kulit yang terhidrasi dengan baik perlahan–lahan akan beregenerasi, kulit yang kering akan berganti dengan sel kulit yang baru yang lebih segar dan sehat.

    • Lebih sering konsumsi makanan / masakan berkuah, seperti sup untuk menyediakan cadangan cairan di dalam tubuh anda dan menjaga agar zat–zat gizi tetap berada di dalam tubuh.

    • Pasanglah humidifier atau alat pelembab udara di rumah anda. Hal yang satu ini mungkin masih belum lazim disini, tapi alat ini bisa membantu mengembalikan tingkat kelembapan kulit anda setelah anda beraktivitas di luar rumah, yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering karena cuaca. Alat ini bisa dengan mudah anda dapatkan di toko online dengan harga yang terjangkau.



Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar