5 Tips Merawat Kulit Berminyak Saat Cuaca Panas

5 Tips Merawat Kulit Berminyak Saat Cuaca Panas

Wajah yang berminyak bisa menjadi masalah serius bagi anda, selain gampang sekali berjerawat, biasanya kulit berminyak juga membuat make up tidak bisa tahan lama menempel pada wajah. Tentu saja ini akan membuat riasan anda menjadi kurang cantik, apalagi jika anda sedang berada di luar ruangan dengan cuaca yang panas. Selain itu, pada kulit berminyak biasanya komedo cepat sekali tumbuh, terutama di daerah hidung.

Kita hidup di daerah tropis yang cukup panas, pada saat musim kemarau dan cuaca yang panas meningkatkan terbentuknya sebum atau bagian dari minyak yang ditemukan pada permukaan kulit. Sebum yang bertemu dengan sel kulit mati akan berakumulasi membentuk jerawat pada wajah. Jika hal ini dibiarkan saja tanpa perawatan yang tepat, maka tidak menutup kemungkinan kulit berminyak anda menjadi ladang jerawat pada saat cuaca sedang panas.

[caption id="attachment_2689" align="aligncenter" width="640"]Cara mengatasi wajah berminyak secara alami Cara mengatasi wajah berminyak secara alami Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Agar kulit berminyak tetap terjaga kebersihannya dan tidak ditumbuhi jerawat, maka anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini :

  1. Ubah Pelan-pelan Diet Anda


Walaupun dibutuhkan riset yang lebih lanjut tentang seberapa besar makanan anda mempengaruhi produksi sebum, tetapi beberapa studi mengatakan bahwa susu dan hasil olahannya dapat meningkatkan produksi sebum. Hal ini disebabkan oleh hormon yang terdapat di dalam susu yang bisa memicu keluarnya sebum 60% lebih banyak. Jadi mungkin anda harus mulai pelan-pelan mengubah pola makan anda dengan menghindari produk susu saat cuaca sedang tidak bersahabat dengan wajah anda.

  1. Gunakan Pembersih Wajah Yang Tepat


Mengetahui dan memakai pembersih wajah yang tepat, memang berlaku untuk semua jenis kulit wajah, tetapi bagi pemilik wajah berminyak ini merupakan hal yang harus dilakukan, terutama ketika cuaca panas. Keringat dan kelebihan sebum rawan menjadi tempat tumbuhnya bakteri, sehingga pilihlah jenis pembersih yang mampu mengangkat sebum, keringat, sel kulit mati dan kotoran agar tidak menjadi sumbatan pada pori-pori yang bisa menimbulkan komedo dan jerawat. Bersihkan wajah pada pagi dan malam hari, juga setelah beraktivitas.

  1. Lakukan Pengelupasan Kulit Secara Teratur


Pengelupasan kulit atau exfoliation akan mengangkat dan membersihkan sel kulit mati dari wajah anda, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.  Disarankan untuk melakukan ini dua atau tiga kali seminggu dengan menggunakan produk yang lembut yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Setelah proses pengelupasan, jangan lupa oleskan pelembab yang mengandung BHA (Beta Hidroxy Acid) dan UV protection pada wajah anda agar wajah terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari.

  1. Gunakan Make Up dasar


Masalah utama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak ialah bagaimana menjaga make up bisa awet menempel di wajah. Caranya ialah jangan lupa untuk menggunakan foundation atau alas bedak sebelum menggunakan bedak dan riasan lebih lanjut. Gunakan foundation yang memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan minyak, yaitu yang memiliki kandungan silica dan silicone. Jika wajah anda masih mengkilap, pakailah bedak tabur sebelum bedak utama, bedak tabur akan menyerap minyak pada wajah anda, sehingga make up akan lebih awet dan terlihat lebih halus.

  1. Gunakan Kertas Minyak


Jangan lupa selalu membawa kertas minyak untuk wajah di dalam tas anda, sehingga kapanpun anda merasa wajah mulai sangat mengkilap dan mengganggu, anda bisa langsung membersihkannya dengan kertas minyak. Sudah banyak kertas minyak yang dibuat dengan bahan-bahan yang punya daya serap tinggi, tapi tanpa merusak make up anda, dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah anda.

Sekarang anda bisa tetap tampil cantik setiap saat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar