5 Tips Memilih Travel Agent Untuk Liburan yang Aman, Nyaman, dan
Berkesan

5 Tips Memilih Travel Agent Untuk Liburan yang Aman, Nyaman, dan Berkesan

 

Travel Agent menjadi solusi bagi Anda yang ingin berlibur, namun tidak mau dipusingkan dengan urusan mengatur perjalanan, akomodasi, makanan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perjalanan. Pada saat-saat ini, mendapatkan jasa travel agent bukanlah hal yang sulit. Namun memilih travel agent yang sesuai untuk memfasilitasi liburan Anda merupakan hal yang gampang-gampang susah. Dalam tulisan ini, akan disajikan tentang beberapa  hal yang wajib diperhatikan untuk memilih travel agent yang terpercaya.

Tips Memilih Travel Agent yang Tepat



  1. Rute Perjalanan


Anda wajib memperhatikan rute perjalanan yang disediakan untuk memilih travel agent yang tepat dalam liburan Anda. Jangan sampai memilih travel agent yang menyediakan paket wisata yang tidak Anda ketahui. Semisal pihak biro perjalanan menyediakan 10 destinasi wisata, paling tidak 7 di antaranya merupakan destinasi yang Anda dambakan. Jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidak bersama rombongan, Anda bisa memilih travel agent yang menawarkan destinasi wisata lebih sedikit, sehingga waktu untuk diri sendiri lebih banyak.

[caption id="attachment_2796" align="aligncenter" width="640"]Tips memilih travel agent Tips memilih travel agent (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Harga dan Fasilitas


Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih travel Agent yang tepat ialah masalah harga dan fasilitas yang diberikan. Jangan hanya memandang sebuah travel agent dari harganya saja. Namun Anda harus menanyakan secara detail mengenai rincian paket yang ditawarkan, baik itu berupa logistik, transportasi, akomodasi, tur keliling, dan lama perjalanan. Pastikan semua hal sudah ditangani oleh travel agent, sehingga Anda bisa menikmati liburan dengan santai dan tanpa beban.

  1. Jaringan yang Dimiliki


Untuk mendapatkan liburan yang aman, nyaman, dan berkesan, poin yang ketiga ini jangan sampai diabaikan. Jaringan yang dimaksud di sini ialah mengenai maskapai penerbangan, industri pariwisata, rental mobil, jaringan hotel, dan sebagainya. Jaringan yang dimiliki oleh perusahaan travel agent tersebut haruslah luas. Mengapa? Karena dengan jaringan yang luas, maka Anda akan disediakan banyak pilihan perjalanan. Tak hanya itu, jaringan yang luas menunjukkan kredibilitas yang tinggi dari travel agent yang bersangkutan.

  1. Tour Guide dan Tour Leader


Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam memilih travel agent yang tepat untuk liburan Anda ialah tentang adanya tour guide dan atau tour leader. Sebaiknya pilihlah travel agent yang menyediakan tour guide dan tour leader, agar tidak repot dan kebingungan dalam perjalanan liburan nanti. Tour guide adalah seseorang yang akan memandu Anda saat mengunjungi tempat-tempat wisata nanti sementara Tour leader adalah orang yang akan membantu dan menemani Anda dari airport hingga kembali dari liburan. Tour guide dan tour leader tidak selalu berbeda. Kedua pekerjaan ini bisa dihandle oleh satu orang saja.

  1. Testimoni


Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam memilih travel agent untuk agenda liburan Anda ialah tentang testimoni yang diberikan oleh mereka yang pernah menggunakan jasa biro perjalanan tersebut. Pastikan testimoni yang ditampilkan asli. Jika Anda menemukan testimoni yang negatif, jangan langsung mengklaim bahwa travel agent tersebut jelek. Pelajari dengan seksama kasus yang terjadi dan tetaplah berpikiran netral. Selepas itu, baru Anda bisa memutuskan akan menggunakan jasa perusahaan tersebut atau tidak. Cara yang paling terpercaya yakni bertanya pada teman dan kerabat Anda yang pernah menggunakan jasa travel agent tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai tips-tips ampuh untuk memilih travel agent yang tepat agar liburan Anda aman, nyaman, dan berkesan. Semoga dapat memberikan inspirasi dan pencerahan bagi Anda yang ingin berlibur dengan menggunakan jasa travel agent. Selamat mencoba! Have a Nice Holiday!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar