5 Kiat Memulai Langkah Sebagai Freelancer

5 Kiat Memulai Langkah Sebagai Freelancer

Jaman sekarang bekerja sebagai karyawan di perusahaan semakin besar tekanannya, yang seringkali membuat kita sebagai manusia sudah seperti robot saja, kerja dari pagi sampai ke pagi lagi. Belum lagi susahnya untuk bisa meminta ijin atau cuti untuk sekedar sejenak beristirahat dari rutinitas atau pergi berlibur dengan keluarga, apalagi jika pekerjaan sedang banyak dan harus segera diselesaikan. Konsekuensi yang lain ialah kita menjadi orang yang sudah sulit sekali untuk bersosialisasi, bahkan dengan keluarga dan saudara sendiri.

Hal itulah yang membuat semakin banyak orang usia produktif memilih untuk mengundurkan diri dari kantor tempatnya bekerja dan berusaha untuk kerja secara mandiri. Tetapi banyak juga yang memaksakan diri untuk bertahan, meskipun setiap hari mengeluhkan pekerjaan dan atasannya dengan alasan mau kerja, apa lagi karena semakin sempitnya lapangan kerja. Memang bukan hal yang mudah untuk bisa berani keluar dari zona aman, apalagi jika itu menyangkut pendapatan, butuh nyali yang besar.

[caption id="attachment_2682" align="aligncenter" width="640"]Cara menjadi freelance Cara menjadi freelancer (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Bagi mereka yang berani mengambil langkah untuk keluar dari pekerjaannya, yang artinya akan kehilangan kemapanan dengan menerima gaji tiap bulan, ada banyak hal yang mereka lakukan, mulai dari berdagang sampai mengambil pekerjaan lepas sebagai freelancer. Sebelum anda memutuskan untuk memilih bekerja sebagai freelancer, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini mengenai Tips menjadi Freelancer pemula.

Cara menjadi freelancer



  1. Siapkan Mental


Hal pertama dan paling penting yang harus disiapkan ialah mental, karena anda akan menghadapi sesuatu yang tidak mudah, mendapat penolakan sudah menjadi hal yang biasa. Bahwa merintis sesuatu yang baru tidaklah semudah membalik telapak tangan, jika anda mudah menyerah, maka anda akan mudah menjadi frustrasi dan putus asa, kemudian akan berhenti berusaha ketika sesuatu tidak berjalan seperti bayangan anda. Anda harus memiliki mental “tak tahu malu” yang selalu berusaha lagi dan lagi sampai mendapatkan tujuan anda. Anda juga harus siap, bahwa mungkin di awal-awal fee yang anda dapatkan belumlah sebesar harapan anda, tapi bukankah selalu ada permulaan.

  1. Perluas Networking


Bekerja sebagai freelancer artinya anda tidak terikat oleh sebuah perusahaan, dan anda bebas bekerja kapan anda mau, tetapi artinya tidak ada yang akan menggaji anda kecuali anda melakukan sesuatu untuk mereka. Untuk memulai langkah awal, anda bisa menghubungi teman-teman anda dan tanyakan pada mereka apakah ada pekerjaan yang bisa anda lakukan untuk mereka atau relasi mereka sesuai dengan keahlian anda. Semakin banyak kenalan, maka akan semakin luas dan besar kesempatan anda untuk mendapatkan sebuah pekerjaan/job.

  1. Rajin Mencari


Sekarang anda merupakan bos untuk diri anda sendiri, anda sendiri yang menggaji diri sendiri, jadi mau tidak mau anda sendiri juga yang harus mencari dimana pekerjaan itu berada. Sekarang sudah banyak sekali situs dan web yang menawarkan pekerjaan freelance dalam berbagai macam bidang, anda hanya harus rajin mencari kemudian memilih mana yang sesuai dengan anda dan ajukan diri untuk pekerjaan tersebut. Jika anda beruntung, anda akan mendapatkan sumber penghasilan baru.

  1. Asah Ketrampilan


Bekerja sebagai freelancer artinya anda harus bisa menjadi marketing bagi diri sendiri, menawarkan sesuatu yang lebih dari orang lain, agar calon klien melirik dan memilih anda daripada yang lainnya. Kalau jaman bekerja sebagai karyawan anda bekerja secara tim dengan teman sekantor yang lain, dan bisa menggantungkan hasilnya kepada mereka, hal ini tidak bisa lagi anda lakukan ketika memutuskan menjadi freelancer. Anda harus bekerja dengan diri sendiri dan untuk diri sendiri, jadi anda harus mau dan siap menjadi lebih pintar dari hari ke hari.

  1. Selalu Belajar


Belajarlah sampai akhir hayat, mungkin menjadi prinsip yang harus dipegang oleh para freelancer. Banyak pekerjaan yang ditawarkan, tetapi banyak juga yang akan menjadi saingan anda dalam mendapatkannya. Selain itu, calon klien atau pemberi pekerjaan tentunya juga harus berkompetisi dengan pesaingnya, dan ini membuat mereka akan selalu mencari pekerja yang bisa mengikuti perubahan-perubahan yang mereka lakukan. Agar tidak tertinggal dan ditinggalkan oleh klien, maka kita harus selalu update dan upgrade kemampuan. Caranya? Jangan berhenti belajar dan jangan malu untuk bertanya.

Selamat memulai masa depan lebih baik.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar