5 Kiat-kiat Untuk Mendapatkan dan Mempertahankan Berat Badan Ideal

5 Kiat-kiat Untuk Mendapatkan dan Mempertahankan Berat Badan Ideal

Banyak orang yang berhasil melakukan program dietnya dan meraih berat badan ideal yang diinginkan, tapi kemudian berhenti melakukannya karena merasa sudah mendapatkan tujuannya. Mereka mungkin berpikir bahwa itulah akhir dari sebuah proses menjadi lebih sehat, sementara bersamaan dengan itu, berat badan mulai bertambah lagi dan lemak mulai menumpuk. Dan biasanya yang akan terjadi kemudian ialah berat badan akan menjadi lebih besar daripada berat badan sebelum diet.

Kita sejak bayi diajarkan bahwa makan yang baik itu sebanyak tiga kali sehari, tanpa dijelaskan apa saja yang sebaiknya dimakan dan kapan waktunya. Makan tiga kali per hari dalam asumsi yang sudah umum dalam masyarakat ialah makan dengan menu lengkap dan berat dengan nasi dan lauk pauk serta dibagi dalam waktu yang dikotakkan yaitu pagi, siang dan malam. Sampai hari ini tidak ditemukan fakta bahwa makan tiga kali sehari membuat tubuh lebih sehat daripada yang kurang atau lebih dari tiga kali.

[caption id="attachment_2768" align="aligncenter" width="640"]Cara menjaga berat badan ideal Cara menjaga berat badan ideal (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Seberapa sering kita makan sebenarnya merupakan hal yang mendasar bagaimana kita menjaga badan kita. Semakin banyak studi yang menyarankan untuk menambah frekuensi makan yang berguna untuk mengatur energi, pencernaan, metabolisme dan perasaan kenyang dalam rangka mengurangi berat badan dan mempertahankannya. Bagaimana caranya, simak berikut ini:

  1. Lebih Sering Makan Agar Tidak Merasa Kelaparan


Salah satu penyebab berat badan naik ialah kita makan dengan jumlah porsi yang lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh. Mengapa itu terjadi? Karena kita terlalu kaku memegang aturan waktu makan tiga kali sehari dan membiarkan perut menjadi sangat lapar, karena belum masuk waktu makan. Ini merupakan kesalahan. Sebaiknya anda makan 4 jam sekali karena setelah 4 jam lambung sudah kosong kembali, ketika anda mengisinya kembali maka lambung akan menjaga rasa kenyang pada perut, sehingga anda tidak akan makan secara membabi buta.

  1. Meningkatkan Kualitas


Pilar utama untuk menjaga berat badan ialah kualitas dari makanan yang kita makan, pastikan anda makan makanan sehat. Jumlah dan kualitas nutrisi yang anda miliki dalam tubuh memainkan peran yang besar dalam menentukan bagaimana dan apa yang akan anda makan. Disarankan ketika anda makan, pastikan makanan tersebut mengandung serat, vitamin A, vitamin E, kalsium, folat, potasium juga magnesium. Jadi jangan asal makan dan asal kenyang.

  1. Makan Untuk Menunjang Gaya Hidup Aktif Anda


Menemukan ukuran yang pas untuk perut kita sendiri agar tidak terlalu kenyang tapi juga tidak merasa lapar ialah kunci mempertahankan keberhasilan program diet anda. Seperti kita ketahui bahwa kebutuhan kalori masing-masing orang berbeda, tergantung pada aktivitas hariannya, umur dan juga jenis kelaminnya. Aturan makan tidak bisa bersifat kaku begitu saja, maka sebaiknya anda tahu persis berapa kalori yang dibutuhkan tubuh anda setiap hari sehingga kebutuhan pasokan energi anda sebagai penunjang aktivitas yang akan anda lakukan seharian tercukupi. Hal ini untuk menghindarkan tubuh menjadi lemas, perut merasa sangat lapar yang tentunya akan membuat aktivitas anda terganggu dan membuat anda makan berlebihan setelahnya.

  1. Berhenti Makan Setelah Jam 8 Malam


Rata-rata orang akan beranjak untuk tidur sekitar jam 9-10 malam dan sebaiknya jangan makan berat lagi satu jam sebelum anda tidur. Makan besar dengan karbohidrat di dalamnya yang sangat dekat dengan waktu tidur akan potensial menyebabkan kegemukan, karena kalori dari makanan tersebut karena tubuh tidak melakukan aktivitas apapun, sehingga tidak terjadi pembakaran makanan menjadi energi. Kalori yang ada akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

  1. Makan Dengan Jumlah Kalori Yang Sama


Makan dengan frekuensi yang lebih sering bukan berarti juga menambah jumlah kalori. Sebelumnya anda sudah harus tahu berapa kisaran kalori yang dibutuhkan dan makanlah dengan jumlah kalori yang relatif sama setiap hari. Anda bisa membaginya dalam beberapa kali waktu makan, sebagai contoh, jika kebutuhan kalori anda sebanyak 2000 kalori bisa dibagi dalam 4-5 kali makan yaitu 400-500 kalori setiap sekali makan. Jangan lupa untuk selalu menyertakan protein dan serat dalam menu makan anda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar