5 Cara Mudah Memperbaiki Diet Anda

5 Cara Mudah Memperbaiki Diet Anda

 

Kata diet mungkin sebelas duabelas dengan kata sabar, mudah diucapkan, enak didengar, tapi sangat sulit untuk bisa dilakukan secara konsisten sehingga hasilnya maksimal. Terlalu banyak godaan yang ujung-ujungnya menggagalkan program diet yang sedang dilakukan, atau seringkali berpikir masih ada hari esok untuk diet. Padahal kunci sukses untuk apapun yang kita lakukan ialah disiplin, termasuk dalam menjalankan diet.

Yang paling sering menyebabkan gagalnya program diet ialah karena menjadikan diet sebagai beban, sehingga terasa sangat berat melakukannya. Orang cenderung memilih metode yang sulit untuk melakukan diet agar terlihat keren di mata orang lain, dan ingin mencapai hasil yang lebih cepat tanpa mempertimbangkan bahwa kemampuan tubuh masing-masing orang itu berbeda. Karena pada hakekatnya diet merupakan sebuah proses, maka jika menginginkan hasil yang optimal, anda harus mau bersabar dan melakukan tahap-tahapannya dengan baik.

[caption id="attachment_2739" align="aligncenter" width="640"]Cara diet yang baik Cara diet yang baik (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Agar tidak merasa terbebani dengan program diet yang ingin anda lakukan, maka lakukan dari cara yang sederhana dulu dengan mengubah kebiasaan yang kurang baik untuk tubuh kita. Berikut ini 5 langkah sederhana untuk memperbaiki pola makan anda.

  1. Mimum Air, Hindari Soda


Pastikan anda cukup minum, agar tubuh cukup terhidrasi terutama pada saat cuaca sangat panas dan berkeringat, tapi jangan minum soda. Mengganti minuman soda dengan air putih sudah menyelamatkan anda dari kalori yang cukup banyak, karena soda mengandung banyak gula. Satu kaleng minuman soda mengandung lebih dari 10 sendok teh gula. Jika anda tidak menyukai air putih yang rasanya tawar, maka anda bisa memberinya rasa dengan memasukkan irisan buah ke dalamnya atau biasa disebut dengan infused water.

  1. Tinggalkan Cemilan, Bawalah Buah


Sudah menjadi hal yang umum dilakukan terutama oleh para wanita, selalu membawa cemilan seperti kue, biskuit, keripik dan yang lainnya saat dia bepergian atau ke kantor. Jika anda berniat untuk melakukan diet, maka tinggalkan cemilan anda di rumah dan bawalah buah sebagai gantinya. Cemilan biasanya memiliki kandungan gula dan garam yang cukup tinggi yang kurang baik untuk diet anda. Begitu juga saat anda sedang santai dan hanya duduk menonton televisi atau sekedar ngobrol tanpa melakukan aktivitas fisik, sebaiknya singkirkan cemilan anda dan makanlah buah.

  1. Tambahkan Sayuran Atau Buah-buahan Berwarna Dalam Makanan Anda


Sebenarnya cara termudah untuk diet dengan sukses ialah mulailah menyukai dan makan sayuran atau buah-buahan. Mayoritas buah dan sayur memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan serat yang tinggi, dimana serat ini akan membantu makanan bisa dicerna dengan baik oleh tubuh, sehingga tidak disimpan menjadi lemak.

  1. Minunlah Teh Herbal


Mulailah minum teh herbal seperti teh hijau atau teh chamomile yang sangat baik untuk kesehatan. Teh mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Selain itu, teh juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, tentu saja jika tanpa tambahan gula, anda bisa menambahkan madu sebagai pengganti gula.

  1. Siapkan Selalu Makanan Esok Hari


Apakah anda termasuk yang sering melewatkan sarapan karena menganggap sarapan tidak penting atau karena terburu-buru? Jika iya, mulailah untuk sarapan setiap pagi karena sarapan akan mencegah anda untuk merasa sangat lapar pada tengah hari, yang menyebabkan anda akan makan dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan jika sebelumnya anda sudah sarapan. Jika anda merasa tidak cukup waktu untuk membuat sarapan, maka siapkan semuanya pada malam hari sebelumnya sehingga pada pagi harinya anda tinggal memanaskannya saja.

Selamat melakukan diet anda semoga sukses dan semakin sehat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar