5 Cara Mudah dan Murah Membuat Pengharum Ruangan

5 Cara Mudah dan Murah Membuat Pengharum Ruangan

Ruangan yang menebarkan aroma wangi akan membuat orang yang berada di dalamnya akan lebih bersemangat dan merasa lebih tenang. Itulah mengapa semakin banyak produk aromaterapi dijual dalam berbagai jenis, aroma dan bentuk termasuk pengharum ruangan. Tetapi bisa dibilang bahwa harga pengharum tersebut tidaklah murah, apalagi ada beberapa ruangan yang membutuhkan aroma wangi-wangian, tentu saja ini lumayan menguras kantong anda.

Tetapi jangan kuatir, karena ada beberapa cara agar ruangan tetap wangi dan tidak membuat kantong jebol. Yang lebih menyenangkan lagi, karena dibuat dengan 100% bahan alami yang tidak akan menimbulkan efek samping kurang baik bagi tubuh. Anda cukup menggunakan bekas botol air mineral atau botol minuman yang lainnya, lubangi tutupnya atau bisa juga dengan botol bekas body mist/ body cologne sebagai wadahnya.  Sebagai alat pembuatnya cukup anda sediakan panci dan juga kompor, seperti orang yang akan memasak.

[caption id="attachment_2776" align="aligncenter" width="525"]Cara membuat pengharum ruangan Cara membuat pengharum ruangan (Ilustrasi/pexels)[/caption]

Mari kita mulai membuat pengharum ruangan sendiri dengan cara yang relatif mudah dan tentu saja cukup murah. Tinggal pilih aroma apa yang anda sukai dari beberapa varian berikut:

  1. Apple Pie


Jika anda ingin ruangan anda memiliki aroma harum seperti wangi pie apel yang baru dikeluarkan dari oven, cobalah cara ini. Ambil satu buah apel dan potong tipis-tipis secara horisontal, kemudian tambahkan 3 batang kayu manis dan satu genggam biji vanili (bisa diganti dengan 2 sendok teh bubuk vanili). Kalau suka, bisa ditambahkan juga daun mint, lalu masukkan semua bahan ke dalam panci berisi air dan rebus selama 10-15 menit sampai tercium aroma wanginya. Tuang ke dalam wadah jika sudah dingin dan tempatkan di ruangan yang anda inginkan.

  1. Jeruk Mandarin


Anda tentunya tidak asing dengan salah satu jenis jeruk yang biasa kita temui di swalayan ini. Aroma jeruk merupakan salah satu favorit karena baunya yang segar bisa menghilangkan rasa eneg. Anda tinggal memotong buah jeruk ini sama seperti memotong apel campurkan dengan 1 sendok makan cengkeh, kemudian rebus. Tunggu dingin dan masukkan dalam wadah.

  1. Vanila


Jika Anda suka dengan harum dan manisnya aroma kue kering yang baru keluar dari oven, maka anda mungkin juga akan suka dengan varian pengharum ruangan yang satu ini. Anda bisa membuat aroma vanila yang mirip dengan wangi kue kering kesukaan anda. Caranya, campurkan satu genggam biji vanila (atau ganti dengan bubuk vanili) dengan setengah cangkir gula palem. Rebus sampai mengeluarkan bau sedap yang anda inginkan.

  1. Aroma Hutan Pinus


Anda lebih suka dengan wangi-wangian yang mirip dengan alam terbuka, maka anda bisa coba aroma pinus yang akan membuat anda seolah-olah sedang berada di dalam hutan cemara. Ambillah beberapa tangkai daun cemara yang masih berwarna hijau segar, dan campurkan dengan satu cangkir daun mint, tambahkan beberapa batang kayu manis. Rebuslah campuran bahan tersebut dan aroma wangi kesukaan anda telah siap digunakan.

  1. Roti Jahe


Jika anda ingin wewangian dengan sensasi yang bisa menghangatkan badan, pilihlah varian arona roti jahe. Sediakan bahan-bahannya terlebih dulu, yaitu satu rimpang jahe yang dipotong tipis-tipis, 3 batang kayu manis, 1 sendok teh blackpepper, setengah sendok biji vanila dan 2 sendok makan sirup gula. Kemudian rebus semua bahan, tunggu sampai mendapatkan wangi yang diinginkan, setelah dingin, tuang ke dalam wadah yang telah disiapkan.

*) gunakanlah panci berukuran sedang yang biasa digunakan untuk memasak mie instan (diameter sekitar 20cm) agar tidak terlalu banyak air yang digunakan untuk merebus, sehingga aroma yang dihasilkan menjadi kurang kuat.

 
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar