5 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Air Minum

5 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Air Minum

Menurut studi, minum air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Studi tersebut menggunakan jumlah tester sebanyak 84 orang dewasa yang mengalami obesitas dan 41 orang diantaranya diharuskan untuk selalu minum 1,6 liter air sebelum makan. Hasilnya ternyata sangat menarik, bahwa sebanyak 41 orang tersebut ternyata rata-rata mengalami penurunan berat badan sebanyak 1,03 kg (Journal of Obesity)

Mengacu pada hasil studi tersebut di atas, mengapa kita tidak mencoba untuk melakukan hal yang sama, yaitu minum lebih banyak air untuk mengurangi berat badan. Dengan minum lebih banyak air juga akan membuat kulit menjadi lebih sehat, karena cukup terhidrasi dan terhindar dari kekeringan. Dan yang lebih penting lagi, air yang kita minum akan menjaga sel-sel dan jaringan penting di dalam tubuh menjalankan fungsinya dengan baik.

[caption id="attachment_2802" align="aligncenter" width="640"]menurunkan berat badan dengan air minum menurunkan berat badan dengan air minum (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Selain dengan minuman, anda juga bisa memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh anda melalui buah-buahan, sayuran dan juga masakan berkuah yang anda konsumsi. Tetapi sumber cairan utama memang berasal dari minuman kita, terutama air putih yang sangat bagus bagi tubuh. Sebaiknya anda menghindari atau tidak terlalu sering mengonsumsi minuman yang sifatnya diuretik seperti kopi, agar cairan dalam tubuh tetap terjaga.

Mungkin anda akan merasa kesulitan atau keberatan, karena harus lebih banyak minum air putih terutama saat sebelum makan. Tidak semua orang mungkin termasuk anda merupakan orang yang menyukai air putih yang memang tidak memiliki cita rasa apapun, hanya tawar, maka anda bisa menggunakan infused water, yaitu air mineral atau air putih yang dicampurkan berbagai irisan buah. Berikut contoh infused water yang bisa anda pilih.

  1. Mentimun, Lemon dan Mint


Iris mentimun dan lemon tipis-tipis, campur dengan beberapa lembar daun mint, masukkan ke dalam botol berisi air mineral/ air putih. Simpan selama 12 jam di dalam kulkas dan siap untuk dinikmati.

  1. Strawberry dan Daun Basil


Jika anda menyukai yang beraroma rempah, cobalah varian ini. Daun basil dapat anda beli di swalayan. Bagi strawberry menjadi dua dan tambahkan daun basil, masukkan ke dalam air mineral anda.

  1. Detox Jahe


Campurkan irisan jahe dengan mentimun, lemon dan daun mint jika anda menginginkan efek relaksasi dari air minum anda. Selain itu, ramuan ini juga sangat baik untuk menutrisi tubuh dan efek detox yang membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

  1. Semangka, Nanas dan Daun Mint


Ingin merasakan kesegaran buah yang bisa menambah semangat dan energi anda terutama pada siang hari, maka anda sebaiknya coba varian infused water yang satu ini. Dijamin tubuh anda akan menjadi lebih segar dari sebelumnya.

  1. Raspberry dan Lemon


Anda menyukai aroma wangi sirup frambozen yang biasa digunakan sebagai campuran pada es buah? Jangan kuatir, karena anda bisa membuatnya sebagai minuman sehat. Cukup campurkan buah raspberry atau frambozen dengan lemon ke air mineral dan akan anda dapatkan minuman sehat dengan aroma wangi es buah.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar