5 Cara Mengusir Tikus Dengan Cuka Dan Kapas

5 Cara Mengusir Tikus Dengan Cuka Dan Kapas

Satu hal yang sangat mengganggu kedamaian dalam rumah ialah adanya tikus. Binatang pengerat ini selain bisa menularkan penyakit berbahaya seperti pes, juga identik dengan tempat yang kotor. Tetapi jumlah tikus di sekitar kita ternyata sangat banyak, sehingga jika hari ini ditangkap satu, besok datang lagi dua ekor. Yang sering dilakukan ialah memasang perangkap dan memakai racun tikus untuk menangkapnya, tetapi hal ini kurang efektif dan justru bisa membahayakan.

Kalau kita memasang perangkap tikus di tempat yang tidak semestinya, salah–salah malah kaki kita sendiri yang menginjaknya dan tentu saja akan sangat sakit rasanya. Menggunakan racun tikus akan lebih bahaya lagi jika kita kebetulan mempunyai hewan piaraan di rumah, makanan yang sedianya untuk memperangkap tikus dan sudah diolesi racun, malah kucing, anjing atau hamster kita yang memakannya. Tikusnya lari sedangkan binatang kesayangan kita malah mati. Ironis bukan. Tentu saja kita tidak ingin ini terjadi, sehingga kita harus menggunakan cara yang lebih aman, tapi efektif untuk mengusir tikus dari rumah.

[caption id="attachment_2549" align="aligncenter" width="640"]Pengusir tikus dengan cuka Pengusir tikus dengan cuka (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Ternyata ada bahan yang sudah sangat dekat dengan kita dan sering kita gunakan sehari–hari, yang bisa dipakai untuk mengusir tikus, yaitu kapas dan cuka. Caranya juga tidak sulit, tentu saja anda tinggal sediakan kapas dan cuka di rumah, sehingga kapanpun kehadiran tikus mulai terendus, anda bisa langsung membuatnya. Anda tinggal mengikuti langkah–langkah berikut ini :

  1. Periksalah setiap sudut rumah dan dapur anda dimana seringkali remahan makanan jatuh, dan menjadi tempat yang sering didatangi tikus. Bersihkan area tersebut dengan menggunakan campuran air dan cuka (1:1), pel semua ruangan untuk membersihkan bau atau apapun yang bisa menarik perhatian tikus untuk datang.

  2. Ambillah kapas, disarankan kapas bulat, karena aroma cuka akan lebih menyengat. Kalau kulit anda sensitif ,anda bisa memakai kaos tangan plastik, setelah itu teteskan cuka ke permukaan kapas sampai meresap. Agar tidak menetes kemana–mana sebaiknya sediakan mangkok atau wadah di bawah tangan anda saat anda menuangkan cuka ke kapas. Ambil kapas lagi, dan ulangi langkah ini sebanyak yang kita butuhkan. Sekarang anda sudah memiliki sejumlah kapas bercuka yang siap digunakan.

  3. Letakkan kapas bercuka di tempat manapun yang sering didatangi tikus, di dapur, di toilet, di bawah rak, di bawah lemari dan tempat lain dalam rumah anda. Anda bisa menempatkan kapas di lubang yang menurut anda biasa digunakan tikus sebagai jalan keluar masuk rumah.

  4. Gantilah kapas jika sudah terlihat kering, dan aroma cukanya sudah hilang, karena jika sudah kering maka sudah tidak efektif lagi untuk mengusir tikus.

  5. Periksa lagi dalam beberapa hari, apakah kapas bercuka ini sudah bekerja dengan baik sebagai pengusir tikus dengan cara melihat tanda–tanda apakah tikus sudah datang dengan memeriksa ada tidaknya bekas gigitannya pada kapas misalnya. Atau dengan melihat apakah pada perkakas kayu atau cat tembok pada rumah anda ada bekas, seperti digaruk yang biasa dilakukan tikus ketika dia terburu–buru. Kalau ada berarti metode ini sudah bekerja dengan baik, karena cara ini memang hanya untuk mengusir tikus, bukan untuk membasminya. Kita cukup membuatnya kapok datang lagi dengan menggunakan aroma cuka tersebut.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar