5 Cara Mengelola Keuangan Ala Orang Kaya. Ikuti Biar Ketularan!

5 Cara Mengelola Keuangan Ala Orang Kaya. Ikuti Biar Ketularan!

Tidak semua orang kaya membawa sifat kaya dari lahir. Banyak orang berjuang dari nol sampai akhirnya mereka mendapatkan kekayaan yang bisa bertahan lama. Tidak hanya kerja keras yang membuat mereka akhirnya kaya dan langgeng sebagai orang kaya. Cara cerdas mengelola keuangan juga sangat diperlukan agar tetap kaya sampai usia senja. Bahkan, berkat strategi jitu dalam mengelola keuangan, akhirnya mereka bisa melipatgandakan kekayaan tanpa harus bersusah payah. Hemm,, siapa yang tidak mau seperti itu? Lalu, bagaimana caranya? Jika Anda penasaran, simak pembahasan di bawah ini!

5 Cara Orang Kaya Mengelola Uang



  1. Menunda Kepuasan

Menunda kepuasan merupakan salah satu cara orang kaya mengelola uangnya. Kebanyakan orang kaya memasukkan penghasilannya ke dalam tabungan, baru mengambil sedikit demi sedikit untuk keperluan hidup. Sementara kebanyakan dari orang biasa malah melakukan sebaliknya. Menggunakan penghasilan untuk berbagai macam kebutuhan dan keperluan, baru ditabung. Dengan sistem yang terakhir, seringnya tak ada uang yang tersisa untuk ditabung. Sangat sulit membedakan kebutuhan dan keinginan. Benar bukan?
Cara Mengelola Uang
Cara Mengelola Uang



Kepala Analisis Finansial Bankrate.com , Greg McBride mengatakan bahwa berinvestasi untuk tujuan jangka panjang lebih penting dari pada mengeluarkan uang untuk kebutuhan dan keperluan saat ini (terlebih sulit sekali membedakan kebutuhan dan keinginan).

  1. Menerapkan Strategi Jangka Panjang ”Buy & Hold”

Banyak investor menyatakan bahwa mereka gemar membeli sesuatu yang nilainya cenderung naik dari tahun ke tahun, kemudian menahannya. Mereka melakukan ini dengan media saham tradisional dan surat utang.

Seorang investor paling kaya di dunia, Warren Buffet berpesan agar jangan melihat pasar terlalu dekat. Uang yang dihasilkan dari investasi adalah investasi. Dengan memiliki perusahaan bagus untuk jangka panjang, maka nilainya bisa meningkat dalam 10,20, atau 30 tahun dari sekarang.

  1. Investasi Asset Berwujud

Investor kaya selalu memiliki investasi dalam bentuk asset berwujud. Contoh asset-asset tersebut antara lain perkebunan dan real estate. Investasi di real estate sangat berguna sebagai pembeda dan bagus sebagai portofolio Anda.

  1. Menggunakan Strategi Saat Berhutang

Ada saatnya seorang investor kaya sekalipun akan berhutang. Berbeda dengan hutang yang biasa kita lakukan, hutang yang mereka ambil sangat penuh pertimbangan. Tidak dengan tujuan konsumtif, mereka menggunakan hutang sebagai cara untuk membangun kekayaan, contohnya berhutang untuk membeli asset berwujud. Dan margin yang harus dibayar karena hutang tersebut nilainya lebih kecil dari keuntungan yang akan diperoleh.

  1. Buat Keputusan Investasi yang Sadar Pajak

Menurut US Trust, Keputusan investasi dengan perhitungan pajak lebih baik daripada memperoleh keuntungan besar tanpa memperhatikan pajak. Maka dari itu, kekayaan yang dihitung ialah kekayaan setelah pajak. Manajemen pajak pada investasi juga bisa berakibat kerugian 40 % dari keuntungan Anda setiap tahun.

Demikianlah 5 Cara Mengelola Keuangan Ala Orang Kaya. Semoga dapat menginspirasi Anda untuk lebih baik dalam mengelola keuangan. Selamat mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar