4 Cara Praktis Membersihkan Ruang Knalpot

4 Cara Praktis Membersihkan Ruang Knalpot

Knalpot merupakan salah satu komponen dari kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai saluran gas buang dari hasil pembakaran pada mesin. Karena merupakan tempat lewat kotoran yang berasal dari dapur pacu, maka gas-gas tersebut lama-kelamaan akan membentuk kerak pada ruang knalpot. Hal ini akan berdampak buruk pada kendaraan bermotor tersebut, antara lain suara motor yang akan berubah dan performa mesin menjadi terganggu. Jika salah satu atau bahkan kedua kondisi ini Anda alami, maka sebaiknya Anda segera membersihkan ruang knalpot Anda.

Jika Anda sangat sibuk dan tidak sempat ke bengkel, sebenarnya membersihkan ruang knalpot bisa Anda lakukan sendiri. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai 4 cara praktis membersihkan knalpot bagian dalam agar performa mesin kembali seperti baru. Bagaimana caranya? Simak Ulasan di bawah ini!

[caption id="attachment_2676" align="aligncenter" width="640"]Cara menghilangkan karat pada knalpot motor Cara menghilangkan karat pada knalpot motor (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Cara Praktis Membersihkan Ruang Knalpot



  1. Gunakan Bahan Bakar dengan RON Tinggi


Cara yang akan dibahas pada poin pertama ini merupakan cara paling simpel dalam membersihkan knalpot bagian dalam. Anda cukup membeli bahan bakar dengan RON tinggi (di atas 90) contohnya Pertamax. Lakukan cara ini secara berkala agar performa mesin kendaraan bermotor Anda tetap terjaga.

  1. Menggunakan Oli Baru


Untuk merontokkan kerak pada knalpot bagian dalam, Anda juga bisa menggunakan oli baru. Caranya, masukkan oli baru ke dalam moncong knalpot. Kemudian hidupkan mesin kendaraan bermotor Anda. Cara ini akan membuat oli menjadi panas sehingga kerak pada bagian dalam knalpot akan terurai. Jangan khawatir jika dari knalpot Anda akan keluar asap berwarna hitam. Asap hitam pekat tersebut justru menandakan bahwa kerak telah ikut terbakar.

  1. Mengorek Dengan Obeng


Cara simpel selanjutnya dalam membersihkan kerak membandel pada bagian dalam knalpot ialah dengan menggunakan obeng. Gunakan alat ini untuk mengorek bagian pangkal knalpot kendaraan bermotor Anda yang langsung berhubungan dengan mesin.

  1. Menggunakan Koran yang Sudah Dibakar


Cara terakhir yang bisa digunakan untuk membersihkan ruang knalpot ialah dengan menggunakan kertas koran. Caranya juga sangat simpel. Cukup dengan membakar kertas koran dan masukkan ke dalam lubang knalpot. Dengan demikian, kerak knalpot akan ikut luntur bersama kertas koran yang terbakar habis.

Demikianlah 4 cara praktis membersihkan ruang knalpot tanpa harus membawanya ke bengkel, karena bisa Anda lakukan sendiri. Jika bagian dalam knalpot sudah bersih, maka akan berdampak kepada performa mesin yang lebih baik, sebagai contoh, tarikannya lebih ringan dan suaranya lebih halus. Selamat mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar