3 Tips Jitu Meminta Izin Menikah Kepada Orang Tua

3 Tips Jitu Meminta Izin Menikah Kepada Orang Tua

 

Pernikahan tentu menjadi dambaan setiap orang yang menjalin hubungan dengan serius. Nah, jika Anda sudah yakin untuk segera menikah dengan pasangan Anda, ada satu tahap utama yang harus Anda lewati sebelum merencanakan tetek bengek yang berkaitan dengan urusan pernak-pernik resepsi dan upacara pernikahan, yaitu meminta izin kepada orang tua.

Tentu bukan perkara yang mudah bagi orang tua untuk melepas buah hati  yang telah dirawatnya selama belasan atau puluhan tahun. Beliau menjadi saksi atas tumbuh kembang Anda dari seorang anak yang tidak bisa melakukan apa-apa hingga seperti sekarang. Namun di sisi lain, pasti ada  kebahagiaan tersendiri karena kesayangannya akhirnya telah menemukan belahan jiwa dan akan melaksanakan separuh dari perintah agama.

[caption id="attachment_2735" align="aligncenter" width="640"]Cara meminta izin menikah kepada orang tua Cara meminta izin menikah kepada orang tua (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Meminta izin untuk menikah merupakan hal yang gampang-gampang susah. Kali ini, kami akan menyajikan 3 tips jitu meminta izin menikah kepada orang tua. Pembahasan ini bertujuan agar Anda tidak kebingungan dalam menentukan langkah selanjutnya. Jika tahap ini sudah terselesaikan, maka akan lebih mudah untuk menjalani tahap-tahap selanjutnya.

Tips Jitu Meminta Izin Menikah



  1. Awali dengan Memohon Restu Tuhan


Tips pertama untuk meminta izin menikah kepada orang tua ialah berdoa kepada Tuhan. Pernikahan merupakan ibadah yang tentu sarat dengan nilai-nilai kebaikan. Tentu Tuhan akan selalu membukakan jalan kemudahan untuk setiap perbuatan-perbuatan baik yang kita niatkan. Tidak ada salahnya Anda berdoa kepada-Nya agar diberi kelancaran dan kemudahan. Tidak ada satupun perkara yang terlepas dari campur tangan Tuhan.. Tidak sulit bagi Tuhan untuk memuluskan jalan yang semula terjal.

  1. Berbicara Langsung Kepada Orang Tua Tanpa Disertai Pasangan


Tips meminta izin menikah kepada orang tua yang selanjutnya ialah bicaralah baik-baik dengan orang tua Anda tanpa disertai calon pasangan. Dengan cara ini, maka akan terjadi komunikasi yang privat tanpa ada campur tangan pihak luar. Ceritakan secara gamblang mengenai calon pasangan hidup Anda,  tentang alasan-alasan mengapa memilih dia sebagai pelabuhan terakhir, dan bahkan tentang kebahagiaan Anda selama ini dekat dengan dia.

Anda harus pintar-pintar memilih momen yang pas untuk mengutarakan hal ini. Jangan sampai Anda menyampaikannya saat orang tua Anda dalam keadaan lelah atau stres. Saat bersantai sambil menonton TV bersama di rumah bisa menjadi momen yang pas. Rumah dinilai sebagai tempat yang paling tepat, karena merupakan tempat yang privat dan nyaman untuk menyampaikan hal sesakral pernikahan.

  1. Mengajak Calon Pasangan Menemui Orang Tua


Hal terakhir yang harus dilakukan untuk meminta izin menikah kepada orang tua ialah mengajak calon pasangan Anda untuk menemui keluarga Anda dan menyampaikan maksudnya secara langsung. Bagian ini merupakan bagian yang paling menegangkan, terutama bagi calon pasangan Anda. Agar ketegangan pasangan Anda sedikit berkurang, Anda perlu memberikan dukungan dan keyakinan kepada dia yang tersayang agar tidak terlalu gugup dan khawatir berlebihan. Anda juga dapat memohon kepada orang tua agar bersikap santai dan tidak kaku.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 tips jitu meminta izin menikah kepada orang tua. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi dan memberikan motivasi untuk Anda yang ingin segera bersatu dalam ikatan suci. Tetap Semangat!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar