3 Cara Jitu Menghemat Kuota Data Internet

3 Cara Jitu Menghemat Kuota Data Internet

 

Era smartphone, baik itu iOS dan Android membuat paket data internet menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Banyak yang mengandalkan paket data unlimited untuk menghemat paket data. Namun sayangnya, paket data yang katanya unlimited itu sering tidak bisa digunakan sampai akhir periode. Alhasil, niat menghemat kuota hanyalah angan belaka.

Memang banyak hal yang menyebabkan kuota internet menjadi sangat boros. Sebagai contoh, menggunakan paket data provider untuk bermain game online, mengunduh aplikasi berat, dan mengacuhkan Wi-Fi. Jika hal ini sering dilakukan, maka dapat dipastikan Anda harus selalu merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan internet Anda.

Nah, pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai 3 cara cerdas untuk menghemat kuota data internet Anda. Apa saja caranya? Silahkan simak pembahasan di bawah ini!

3 Cara Jitu Menghemat Kuota Data Internet



  1. Gunakan Aplikasi Mailbox Untuk Keperluan Email


Di dunia serba digital seperti sekarang, penggunaan email sangatlah penting. Maka dari itu, para pengguna smartphone mengaktifkan fitur email. Padahal, dengan mengunduh dan mengunggah attachment langsung dari smartphone, Anda membutuhkan data yang cukup besar. Bahkan, ketika Anda hanya membuka pesan dari teman juga tetap menyedot data.

Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan aplikasi Mailbox dari Dropbox. Aplikasi ini tersedia baik pada iOS dan Android. Dengan apliaksi ini, maka akan meminimalisir penyedotan kuota data ketika Anda sedang menggunakan email dari smartphone Anda.

  1. Pilih Browser yang Lebih Efisien


Ketika membeli smartphone, biasanya disana sudah tersemat aplikasi browser. Namun tahukah Anda, bahwa terkadang aplikasi bawaan tersebut menyedot kuota internet dengan sangat besar?

Untuk melakukan penghematan paket data internet, sebaiknya Anda menggunakan browser yang lebih efisien, yakni Opera Mini. Browser ini dapat mengompres situs-situs yang Anda kunjungi, namun masih ditampilkan secara apik. Fitur data saving ”video boost” dapat mengurangi buffering. Bahkan, ketika Anda menggunakan Wi-Fi, Opera Mini akan mematikan data saving. Dengan ini, proses browsing Anda menjadi lebih mengasyikkan.

Dimana letak data saving untuk Opera Mini? Silahkan sentuh logo ‘O’ di bawah layar Opera Mini, lalu sentuh tulisan “Saving Enabled”.

Bagi Anda penggemar Google Chrome, Anda tetap bisa melakukan penghematan kuota data internet dengan cara khusus. Cukup buka aplikasi Google Chrome, sentuh ikon tiga titik pada bagian kanan atas, pilih setting, lalu touch Bandwith dan pilih data Saver untuk mematikan data saving.

  1. Pilih Mode Offline untuk Fitur Maps


[caption id="attachment_2530" align="aligncenter" width="480"]Cara agar paket internet tidak cepat habis Cara agar paket internet tidak cepat habis (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Pengguna smartphone sering tidak menyadari bahwa fitur Maps merupakan salah satu biang keladi dari borosnya kuota data internet Anda. Fitur Maps yang menggunakan layanan GPS selalu menyedot paket data terlebih jika digunakan untuk layanan built-in navigation, melihat traffic secara real time, turn by turn directions, atau melihat map dengan mode satelite.

Padahal, fitur Maps mempunyai mode offline, baik pada iOS maupun Android. Untuk iOS, Anda hanya perlu mengubah ke flight mode. Sedangkan untuk Android, pilih Search bar yang letaknya di atas aplikasi Maps, kemudian geser ke arah bawah hingga menemukan pilihan Save Map to Use offline. Untuk berpindah ke mode offline, silahlan pilih save.

Cara lain untuk mengakalinya yakni dengan menggunakan aplikasi CoPilot GPS. Sayangnya, aplikasi ini berbayar. Harganya U$$ 7.99 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 104.000,-. Dengan aplikasi ini, Anda bisa tetap menggunakan navigasi GPS dan turn by turn directions secara offline. Hal ini tentunya sangat membantu untuk program penghematan paket data Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 cara jitu menghemat kuota data internet. Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar