10 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Saat Musim Flu

10 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Saat Musim Flu

Saat pancaroba, dimana sedang terjadi peralihan musim, biasanya ditandai dengan adanya perubahan cuaca ekstrim dari panas menjadi dingin dan sebaiknya dengan pergantian yang sangat cepat. Selain itu, biasanya musim pancaroba membuat sakit flu menjadi merajalela, sebagai akibat dari perubahan temperatur yang drastis tersebut. Merupakan hal yang sangat mengganggu ketika sakit flu itu menyerang, terutama jika terjadi pada anak-anak yang membuat mereka menjadi tidak mau makan, batuk dan pilek yang berkepanjangan tentunya juga akan mengganggu sekolah mereka.

Sakit flu memang lazim diderita manusia dari anak-anak sampai orang tua, laki-laki atau perempuan, dan bukan penyakit yang berbahaya. Tapi alangkah baiknya jika selama musim flu terjadi kita bisa tetap sehat, sehingga aktivitas yang biasa kita jalani sehari-hari tidak akan terganggu karena flu. Selain mencegahnya dengan vitamin dan obat-obatan, agar kesehatan tetap terjaga selama musim flu, maka anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Rajin Mencuci Tangan


Biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, karena ini merupakan cara terbaik untuk mengusir kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit dari tangan kita. Cucilah dengan cara yang benar, yaitu gosok tangan dengan sabun yang berbusa selama 20 detik, bilas dengan air sampai bersih. Jangan lupa untuk selalu sedia cairan antiseptik / hand sanitizer sebagai antisipasi jika tidak ada air. Cucilah tangan juga setiap selesai beraktivitas dari luar ruangan atau kontak dengan orang yang sedang flu.

  1. Cukup Tidur


Tidur merupakan kebutuhan bagi manusia, jadi pastikan anda cukup tidur, yaitu 7-8 jam per hari agar badan tetap segar sehingga bisa terhindar dari flu. Cara agar bisa tidur yang berkualitas ialah biasakan tidur secara teratur, yaitu pada jam yang relatif sama setiap hari, agar jam biologis terbentuk dengan baik. Anda akan selalu merasa mengantuk setiap waktu tidur anda tiba, apapun yang sedang anda lakukan saat itu.

[caption id="attachment_2707" align="aligncenter" width="640"]Tips menjaga kesehatan dimusim pancaroba Tips menjaga kesehatan dimusim pancaroba (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Jauhi Stres


Salah satu penyebab daya tahan tubuh menurun ialah stres. Tentu saja berkurangnya kekebalan tubuh akan membuat tubuh anda menjadi mudah terserang penyakit, terlebih saat musim flu. Jaga diri anda dari hal-hal yang bisa menyebabkan stres, lakukan hal-hal yang menyenangkan atau anda juga bisa melakukan yoga yang akan membantu anda mengelola rasa stres.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik


Jogging atau bersepeda berkeliling kompleks bisa menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan. Lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari agar tubuh menjadi lebih rileks dan tentunya lebih bugar dan sehat. Neil Schachter, seorang profesor bidang kesehatan mengatakan, olahraga ringan akan menguatkan limfosit, yaitu sel darah putih yang berfungsi untuk melawan penyakit dalam tubuh. Olahraga juga bisa membuat orang terhindar dari stres.

  1. Meditasi


Meditasi merupakan cara mudah untuk menjaga kesehatan, karena meditasi bisa membantu tubuh melawan penyakit pernafasan. Selain itu, meditasi membuat kita menjadi lebih santai dan fokus, ini akan membantu mengurangi stres, sehingga akan membuat tubuh terjaga kesehatannya. Duduk bersila dengan posisi tulang belakang tegak lurus, kemudian ambil nafas dan hembuskan pelan-pelan dan konsentrasi, hal itu merupakan cara meditasi yang mudah untuk anda lakukan.

  1. Jaga Kualitas Makanan


Apa yang anda makan akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan anda, jadi usahakan untuk tetap makan dengan gizi yang seimbang dan makanan yang sehat tentunya. Jangan lupa untuk makan sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral, dimana zat-zat tersebut berperan aktif dalam menjaga kekebalan tubuh kita. Masaklah makanan yang mengandung banyak bumbu rempah, sup ayam misalnya, karena ini terbukti bisa meredakan dan melawan sakit flu. Bawang putih juga memiliki khasiat sebagai antibodi yang bisa anda andalkan sebagai penguat kekebalan tubuh.

  1. Jangan Berbagi


Jika anda atau salah satu dari anggota keluarga di dalam rumah atau teman sekantor anda ada yang sakit flu, maka jangan berbagi apapun dengannya. Karena virus flu mudah sekali menular lewat sentuhan dan udara. Pakailah masker atau tutup hidung anda saat bersin atau anda sedang berada di dekat orang yang flu, agar tidak menularkan atau ketularan flu juga.

  1. Ambil Cuti


Jika anda sudah merasa badan mulai tidak enak, bersin-bersin, sakit kepala, mungkin tandanya anda sudah mulai terserang flu, maka hal yang harus dilakukan ialah ambil cuti dan istirahat dari rutinitas atau pekerjaan anda. Kalau anda tetap memaksakan diri untuk bekerja. maka kelelahan fisik akan membuat daya tahan tubuh menurun, dan sakit flu akan semakin parah menyerang anda. Obat yang paling mujarab untuk sakit flu sebenarnya ialah cukup istirahat dan makan yang bergizi, agar sistem kekebalan tubuh bisa bekerja dengan maksimal menghasilkan hormon-hormon yang memerangi penyakit, termasuk flu.

  1. Rajin Membersihkan Rumah


Banyak tempat atau barang-barang dalam rumah yang menjadi tempat bakteri, kuman dan sumber penyakit lainnya tumbuh berkembang. Untuk mencegahnya agar tidak menyebabkan sakit pada manusia ialah dengan rajin membersihkan tempat-tempat tersebut, seperti gagang telepon, pegangan pintu, meja kerja dan lain sebagainya. Semprot dengan cairan desinfektan kemudian lap dengan kain kering.

  1. Bersyukur


Seringkali penyebab stres ialah karena kita kurang mampu untuk mensyukuri apa yang sudah kita miliki dan apa yang telah Tuhan berikan. Jadi jangan lupa bersyukur agar hati selalu merasa bahagia, jauh dari stres dan tentu saja ini akan membuat anda menjadi lebih sehat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar