10 Tips Menjadi Pemimpin yang Menyenangkan

10 Tips Menjadi Pemimpin yang Menyenangkan

Menjadi pemimpin tidaklah mudah. Selain memikul tanggung jawab yang lebih besar, pemimpin juga harus mampu membuat tim atau divisi yang ia ampu selalu kompak. Setiap anggota tim yang Anda pimpin harus merasa senang dan nyaman, agar bisa bekerja sepenuh hati. Dalam hal ini, tentu Anda sebagai pemimpin wajib mengondisikan suasana yang nyaman. Salah satunya ialah dengan menjadi pemimpin yang menyenangkan.

Seperti apakah pemimpin yang menyenangkan itu? Pemimpin yang menyenangkan tidak hanya cerdas dan memiliki kompetensi tinggi dalam divisi yang dipimpinnya. Keterampilan bersosialisasi memegang peranan sangat penting. Untuk mengetahui lebih jelas tentang cara-cara menjadi pemimpin yang menyenangkan, silahkan simak ulasan di bawah ini!

[caption id="attachment_2545" align="aligncenter" width="640"]Tips menjadi pemimpin yang disegani Tips menjadi pemimpin yang disegani (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

10 Trik Menjadi Pemimpin yang Menyenangkan



  1. Menjalin Hubungan yang Sifatnya Pribadi


Untuk menjadi seorang pemimpin yang menyenangkan, janganlah bersikap terlalu kaku. Tidak hanya hubungan pekerjaan, sebaiknya Anda membangun hubungan pribadi kepada semua orang. Cara seperti ini akan membuat mereka merasa dihargai. Hal ini penting untuk membangun respek dan kepercayaan antara Pemimpin dan Anggota.

  1. Jadilah Pemimpin yang Mudah Didekati


Meskipun Anda seorang pemimpin, bukan berarti Anda harus menjaga jarak dengan bawahan. Hal demikian malah memungkinkan melahirkan sikap segan di depan namun suka mencela di belakang. Untuk itu, jadilah seorang pemimpin yang siap menerima masukan, keluhan, dan aspirasi dari anggota. Dengan menerapkan sikap ini, anggota tim Anda akan tulus dan ikhlas bekerja.

  1. Bersikap Rendah Hati


Jangan pernah merasa bahwa sebagai pemimpin, Anda akan tetap baik-baik saja tanpa anggota tim yang lain. Jangan pernah pula beranggapan bahwa dengan menjadi pemimpin, otomatis Anda orang yang paling hebat. Setiap anggota tim memiliki peranan yang penting, dan Anda harus sadar betul akan hal itu. Ketika tim Anda berhasil, itu karena kerja keras tim, dan bukan semata-mata karena Anda.

  1. Senantiasa Berfikir Positif


Sebagai seorang pemimpin, Anda dituntut untuk selalu berfikir positif. Anda harus mampu membangkitkan semangat tim Anda dalam segala kondisi, termasuk dalam kondisi yang tidak menyenangkan.

  1. Bersikap Dermawan


Seorang pemimpin yang dermawan tentu akan sangat menyenangkan di mata para karyawannya. Jadilah seorang pemimpin yang selalu ada ketika anak buah membutuhkan bantuan dan bimbingan.

  1. Kemampuan Membaca Karakter Orang Lain


Membaca karakter orang lain sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Prinsipnya hampir sama dengan membaca buku. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk mengevaluasi dan menganalisa anggota tim Anda. Hal ini dapat dicoba dari memperhatikan ekspresi wajah, gerak tubuh, dan banyak gestur yang lain.

  1. Memiliki Integritas


Seorang pemimpin yang baik harus bisa menjadi teladan bagi anggota tim lainnya. Tidak hanya sekedar bicara dan memerintah, Ia juga harus bisa membuktikan perkataannya, melakukan apa yang diperintahkan, jujur, dan dapat dipercaya.

  1. Cerdas


Pemimpin bisa diibaratkan seorang nahkoda. Sebagai seorang nahkoda, tentu Anda harus paham betul tentang medan yang akan Anda tempuh. Anda juga harus bisa membaca tanda-tanda alam dan seluk beluk tentang rute laut. Anda harus membekali diri dengan pengetahuan yang memadai tentang hal yang berkaitan dengan kerja tim Anda. Usahakan Anda bisa memberikan jawaban terbaik atas pemasalahan kerja yang dihadapi tim Anda.

  1. Mengapresiasi Potensi


Seorang pemimpin yang menyenangkan selalu bisa melihat segala sesuatu secara obyektif. Ketika melihat potensi, Ia tidak tinggal diam dan memberikan apresiasi. Apresiasi yang diberikan dapat menjadi stimulan bagi para anggota tim untuk terus mengasah kemampuan mereka.

  1. Berimbang


Tidak hanya melihat potensi, pemimpin yang baik harus bisa mengevaluasi kesalahan. Bukan menyalahkan secara individu, namun memberikan pemahaman mengapa kesalahan dan kelemahan tersebut terjadi, dan bagaimana solusi untuk mengatasinya agar tidak terulang kembali di kemudian hari.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai tips menjadi pemimpin yang menyenangkan. Semoga dapat memberikan inspirasi. Salam
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar