Tips Memulai Usaha Peluang Bisnis Laundry Kiloan

Tips Memulai Usaha Peluang Bisnis Laundry Kiloan

Bagi sebagian masyarakat modern saat ini, dengan kesibukannya sehari–hari, menyempatkan waktu untuk mencuci pakaian terkadang merupakan hal yang sulit. Terlebih lagi saat ini telah semakin banyak servis layanan laudry kiloan yang telah berkembang di sekeliling kita. Maka dari itu, anda yang mempunyai kesibukan aktivitas, dapat memanfaatkan layanan laundry tersebut. Selain dapat menghemat waktu, tenaga, anda tidak perlu repot–repot lagi untuk mencuci pakaian sendiri, apalagi hasil pakaian laundry yang diterima sudah rapi dan wangi.

Dengan pertumbuhannya yang semakin pesat, maka tidak jarang orang yang ingin membuka usaha laundry. Meskipun hanya dengan modal mesin cuci dan ruangan kecil yang digunakan untuk menerima dan mengambil pakaian yang telah selesai dicuci dan disetrika. Masih banyak hal yang harus dipersiapkan, lalu apa saja yang harus dipersiapkan ?

Tips memulai usaha laundry kiloan



  1. Harus Tahu Cara Mencuci dengan baik.


Untuk memulai usaha laundry, kita harus tahu bagaimana caranya mencuci pakaian dengan bersih, dan mengeringkan berbagai bahan/jenis kain dengan baik. Apalagi jika terdapat berbagai jenis noda, sebaiknya kita juga tahu bagaimana strategi untuk menghilangkannya.

[caption id="attachment_2433" align="aligncenter" width="640"]Usaha laundry kiloan untuk pemula Usaha laundry kiloan untuk pemula (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Persiapan Peralatan usaha laundry.


Jika usaha laundry baru berjalan, sebaiknya cukup sediakan peralatan mesin cuci dan pengering yang seadanya saja. Karena masih banyak peralatan yang harus disediakan dan mengeluarkan modal, misalnya pengadaan setrika, sabun pencuci pakaian dan pengharum pakaian, meja, kursi, rak pakaian, keranjang pakaian kotor, jemuran dan gantungan pakaian untuk mengeringkan pakaian lebih kering lagi jika diperlukan, serta wadah (plastik) untuk membungkus pakaian.

  1. Perhitungkan Biaya Operasional.


Biaya–Biaya lain selain biaya untuk pengeluaran pembelian peralatan juga harus diperhitungkan, misalnya biaya gaji pegawai, dan biaya listrik. Karena semakin lama usaha itu berkembang, maka semakin besar pula biaya yang akan dikeluarkan.

  1. Kendala Yang bisa Terjadi.


Dalam menjalankan sebuah usaha, kendala dan hambatan bisa saja terjadi sewaktu–waktu. Misalnya, dalam usaha laundry ini banyaknya pesaing yang telah membuka usaha serupa, dan waktu pengerjaan yang harus dilakukan lebih cepat walaupun dalam kondisi ramai. Maka anda harus pintar–pintar mengatur waktu dan strategi agar tetap mengendalikan kondisi ini.

  1. Strategi dalam Menjalankan Usaha Laundry.


Meski banyak kendala yang kita hadapi, namun ada banyak strategi yang harus kita susun untuk menghadapinya, yaitu :

  • Pemilihan Lokasi yang tepat.
    Pilihlah lokasi yang baik untuk perkembangan bisnis laundry ini, misalnya area kos–kosan dekat kampus, kantor, atau area perumahan.



  • Lihat harga pasaran dengan melihat kompetitor di sekitar.
    Anda juga harus menyeimbangi harga pasaran yang ada di sekitar. Jangan malah harga yang ditawarkan lebih tinggi dari pesaing kita, karena ini justru malah membuat pelanggan kita untuk memilih menggunakan jasa kompetitor kita.



  • Beri Pelayanan Khusus.
    Beri pelayanan khusus, seperti antar jemput pakaian, karena ini akan membuat pelanggan anda tetap selalu tertarik untuk menggunakan jasa laundry di tempat anda.



  • Usahakan pakaian yang dicuci tidak kusam dan tidak luntur.
    Jika hasil pakaian sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan, maka mereka akan senang mencuci di tempat anda.



  • Rekrut karyawan.
    Rekrutlah karyawan agar administrasi dapat berjalan dengan baik, dan untuk mencuci secara terpisah, dan jangan dicampur untuk menghemat waktu.


Demikianlah tips memulai usaha laundry kiloan, semoga bermanfaat bagi pembaca setia Igaligo.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar