Tips Memelihara Peralatan Masak di Dapur

Tips Memelihara Peralatan Masak di Dapur

Rumah tentu tidak lengkap tanpa dapur. Ada istilah, cinta berawal dari dapur. Artinya kalau perut kenyang dan puas dengan hasil masakan yang disajikan di rumah, tentu anda akan nyaman dan betah tinggal di rumah.

Di dalam dapur, tentunya tidak hanya berisi makanan, namun juga terdapat berbagai peralatan makan dan masak. Semakin kita sering menggunakan dapur, berarti semakin banyak pula aktivitas yang harus kita kerjakan dan lebih lagi harus memperhatikan kondisi dan kebersihannya.Kebersihan alat masak tentu akan berkaitan erat dengan kelezatan masakan yang disajikan.
Cara merawat alat dapur
Cara merawat alat dapur



Beberapa alat masak yang jarang kita perhatikan kebersihannya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Misalnya talenan, sebagai alas memotong, talenan tentunya sering berbekas dan banyak bahan makanan yang menempel. Agar talenan di dapur tetap higienis, siramlah dengan air panas setiap kali anda selesai menggunakan, kemudian tiriskan. Tujuannya agar tidak ada jamur yang tumbuh dan tercampur pada masakan anda selanjutnya. Gantilah talenan terutama yang terbuat dari kayu bila sudah berumur lebih dari satu tahun atau terlihat sudah tidak layak pakai.

Selain talenan, pisau juga sangat memerlukan perhatian khusus. Setiap kali menggunakan, cucilah dengan air bersih dan sabun. Gunakan asahan bila terasa sudah mulai tumpul.

Panci, wajan, spatula dan wadah lainnya juga memerlukan perhatian yang sama. Setelah digunakan dan dicuci, sebaiknya anda menyimpan di tempat kering. Agar tidak terlihat bercak air, dan terlihat mengkilat, anda dapat menggunakan lap bersih untuk melap panci dan peralatan setelah hampir kering.

Untuk gelas dan piring yang jarang digunakan biasanya menempel debu dan bercak. Bagi anda yang senang makan masakan berminyak atau berlemak, anda dapat menggunakan sabun cuci berjeruk nipis atau rendam sebentar dengan air panas agar lemak mudah hilang.

Untuk masakan yang menempel seperti nasi pada rice cooker, atau noda kunyit pada alat makan plastik dan blender, anda dapat rendam alat masak pada air rendaman dengan dibubuhi cuka masak.

Ada hal lain yang mungkin kita lupakan, yaitu spons dan tempat menaruh sabun cuci. Sisa makanan biasanya menempel pada spons. Agar anda tidak terserang sakit perut, rajinlah merendam spons dengan air mendidih agar lemak yang menempel hilang dan gantilah spons bila sudah berubah warna atau tidak layak pakai.

Kompor yang kita gunakan bila terkena percikan minyak atau masakan yang tumpah sebaiknya langsung dilap agar tidak mudah berkarat dan tetap terjaga rapi. Bila anda menggunakan kompor gas, perhatikan bagian tengah pembakaran. Angkat bagian tengah bila sudah kotor dan bersihkan dengan sikat agar api tetap menyala sempurna.

Kulkas sebagai tempat penyimpanan makanan juga tidak dapat dilupakan. Jangan biarkan makanan tumpah dalam lemari es. Bersihkan segera agar tidak tercampur dengan makanan lainnya. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar