Tips Membuat Dokumen Rapi Dengan File PDF

Tips Membuat Dokumen Rapi Dengan File PDF

Bila anda sering membuat presentasi atau membuat laporan bersifat soft file, tentu anda akan sering menyesuaikan letak hasil dokumen anda, terutama di saat anda membuka file dokumen di komputer atau media yang berbeda. Tentu anda harus merapihkan kembali file anda. Agar anda tidak perlu repot lagi untuk merapihkan file anda saat berpindah format atau media, ada cara mudah dengan merubah format dokumen anda ke dalam format berekstensi .pdf.

Cara membuat file berekstensi .pdf ialah sebagai berikut

Pertama bukalah file dengan format asli anda yang masih dapat diedit. Lalu rapihkan dengan setting margin, spasi, paragraf, font dan tools lainnya. Bila sudah rapi, silahkan anda pilih menu save.

Kedua, pilih menu save as seperti tampilan di bawah ini :

[caption id="attachment_2317" align="aligncenter" width="480"]Tips Membuat Dokumen Rapi Dengan File PDF Tips Membuat Dokumen Rapi Dengan File PDF[/caption]

screenshot_2016-11-18-10-27-22

screenshot_2016-11-20-07-10-56

Setelah itu baru anda simpan dengan mengetik nama file diikuti dengan .pdf atau bila tersedia pilihan extensi, pilihlah .pdf seperti pada gambar di atas. Bila anda tidak dapat merubah nama file dengan langkah ini, anda dapat masuk ke menu file eksplor atau sejenis. Pilihlah file yang anda buat lalu klik kanan dan copy. Lalu pilih paste di folder yang sama. Kemudian klik kanan hasil copy file tadi dan rubah nama file dengan diakhiri .pdf.

File anda setelah dirubah berektensi .pdf tidak akan berubah letak lagi saat berpindah media. Akan sangat menghemat waktu dan mempermudah saat mencetaknya ke dalam bentuk hard file atau di print ke dalam kertas.

File berektensi .pdf dapat dibuka di berbagai Sistem Operasi, dan media elektronik. Kelebihan lainnya, dengan file berektensi .pdf anda juga dapat memastikan file anda asli atau palsu. Hal ini sangat berguna untuk laporan keuangan atau file penting yang anda transfer lewat e-mail, seperti hasil scan bukti pembayaran, nota, gambar, grafik dan lainnya, karena file .pdf sudah tidak dapat di edit lagi. Tetapi bila anda suatu waktu akan merubah isi file, jangan hapus file asli anda. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar