Punya Masalah dengan Migrain? Coba Atasi dengan 8 Cara Ini

Punya Masalah dengan Migrain? Coba Atasi dengan 8 Cara Ini

Migrain merupakan salah satu sakit kepala yang menyerang sisi kepala sebelah saja. Penyakit ini paling sering dialami oleh wanita yang berumur 18-65 tahun. Migrain dapat didera satu tahun beberapa kali saja, namun bisa saja sering kali dalam seminggu beberapa kali. Dan bahkan terkadang hingga menyerang bagian leher si penderita.

Gejala Migrain


Gejala migrain sendiri bermacam–macam, misalnya disertai mual, muntah, kurang konsentrasi, sakit perut, merasa kedinginan atau kepanasan hingga berkeringat, sensitif terhadap cahaya dan suara sehingga dapat membuat kepala semakin berdenyut.

Tips meredakan migrain


[caption id="attachment_2302" align="aligncenter" width="640"]Cara mengatasi migrain dengan cepat Cara mengatasi migrain dengan cepat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Ada beberapa tips untuk meredakan migrain yaitu :

  1. Minum banyak air putih.


Penyebab migrain bisa saja karena kurangnya cairan dalam tubuh. Maka minumlah banyak air putih sehingga dapat membantu tubuh membersihkan racun yang dapat menyebabkan migrain.

  1. Minum obat sakit kepala migrain.


Untuk meredakan migrain bahkan menghilangkannya, seseorang selalu mencari obat pereda migrain. Mungkin obat migrain merupakan cara yang paling cepat untuk menyembuhkan migrain.

  1. Minum jahe hangat.


Terkadang terlalu banyak mengonsumsi obat–obatan warung juga kurang baik untuk kesehatan. Bagi yang ingin mencoba cara tradisional dapat dengan mudah membuat minuman yang berasal dari jahe. Kandungan dalam jahe terdapat zat anti inflamasi untuk melawan penyebab timbulnya migrain.

  1. Makan makanan yang kaya magnesium.


Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang–kacangan, biji–bijian, ikan, buah alpukat, susu, sehingga dapat membantu mengurangi gejala migrain. Magnesium sendiri berfungsi untuk mengendorkan saraf yang tegang.

  1. Aroma Terapi.


Aroma terapi dipercaya dapat membantu meringankan sakit migrain. Coba untuk menyalakan aroma terapi di dalam ruangan dan hirup dengan tenang. Bahkan bisa juga diteteskan di handuk kecil kemudian dikompres di kepala.

  1. Pijat dengan aroma minyak angin.


Gosokkan minyak angin atau minyak gosok pada bagian pelipis atau di sekitar leher yang kaku. Aroma minyak dan rasa hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit.

  1. Terapi akupuntur.


Dengan melakukan terapi akupuntur dapat melepaskan penyumbatan energi dalam tubuh dan melancarkan kembali aliran darah. Mengendurkan kembali pembuluh darah kecil yang menegang dan menjadi penyebab terjadinya migrain.

  1. Berbaring di ruangan gelap.


Cahaya yang terang dapat membuat migrain / sakit kepala semakin menjadi. Maka istirahatlah di ruangan gelap sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang dialami.

Begitulah cara yang dapat saya bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar