Jengkol Tidak Selalu Bau, Ini dia 4 Trik dan Rahasianya

Jengkol Tidak Selalu Bau, Ini dia 4 Trik dan Rahasianya

Jengkol dan Pete merupakan salah satu makanan yang banyak disukai. Meskipun jengkol merupakan tanaman, namun harganya melebihi harga daging ayam, dan tetap saja digemari semua lapisan masyarakat. Aroma jengkol yang baru dimasak, tentunya sangat khas dan menggoda lidah dan perut untuk segera dinikmati.

Selain unik dan lumayan mahal, jengkol nengandung berbagai khasiat bagi kesehatan. Namun adapula sejumlah orang yang dikarenakan bila mengonsumsi jengkol akan bau mulut, sehingga menghindari masakan dari jengkol. Nah, agar anda terbebas dari bau jengkol bila dikonsumsi, dan dapat bebas dari buang air yang juga menghasilkan bau tak sedap, anda dapat melakukan beberapa trik berikut.

1. Pilihlah jengkol yang lebih tua agar lebih empuk dagingnya, dan lebih meresap bumbu saat diolah.

Bila mendapat jengkol yang masih keras atau muda, anda dapat diamkan beberapa hari agar masak betul dalam kulit. Rendamlah jengkol dengan air es semalaman lalu bilas dengan air biasa sebelum diolah.

[caption id="attachment_2442" align="aligncenter" width="640"]Cara agar jengkol tidak bau Cara agar jengkol tidak bau (Ilustrasi/By Hariadhi (Own work) [GFDL, CC-BY-SA-3.0 or CC BY-SA 2.5-2.0-1.0, via Wikimedia Commons)[/caption]2. Gunakan air kapur sirih sebagai alat peluruh bau jengkol.

Caranya buka jengkol dari kulitny,a lalu rendamlah buahnya yang sudah dikupas dengan air kapur sirih. Cara ini juga akan menambah empuk daging jengkol dan tidak mudah basi. Setelah beberapa jam, bau akan terikat pada kapur sirih, buanglah air rendaman lalu bilas sekali lagi, maka jengkol bebas bau dan siap diolah.

3. Agar jengkol terasa lebih empuk, rebus jengkol dengan daun jeruk sambal atau daun jambu biji.

Hal ini dapat mengurangi bau tajam dari jengkol. Setelah mendidih, buanglah air rebusan lalu jengkol siap diolah.

4. Ini resep dari rekan saya yang juga dokter dan suka memasak jengkol.

Rendamlah jengkol semalaman dengan parasetamol yang sudah dilumatkan. Kemudian ganti air rendaman, lalu anda siap mengolah jengkol menjadi makanan yang lezat.

Bila jengkol tidak lagi bau, tentu anda tidak perlu lagi ragu memakannya, bukan? Karena khasiat jengkol amat banyak bagi segala usia. Beberapa khasiatnya dapat anda baca pada artikel "Cara Mudah Mendapat Khasiat Dari Pete" di igaligo.com (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar