Diet Sehat Ala Atlet Profesional

Diet Sehat Ala Atlet Profesional

Selain dengan jadwal latihan yang sangat ketat dan disiplin, para atlet profesional juga harus sangat menjaga pola makannya agar bisa menjaga kondisi fisiknya terutama saat dia sedang berada di dalam sebuah event pertandingan olahraga. Mereka harus mengikuti aturan makan yang biasanya dibuat oleh ahli gizi agar asupan yang dibutuhkan oleh tubuh tercukupi. Bukan saja ketika mereka berada di pusat pelatihan, tetapi juga harus selalu dilakukan setiap hari agar performanya tetap prima. Atlet harus selalu sehat. Tapi sehat bukan hanya milik para atlet, kita juga bisa meniru cara mereka dalam mengelola makanan agar kita juga memiliki kondisi tubuh yang prima seperti mereka. Ternyata pengaturan makanan yang mereka lakukan tidaklah susah dan sangat mudah untuk dilakukan selama kita memiliki niat yang kuat untuk menjaga kesehatan. Apa sajakah itu? yuk kita intip cara diet mereka.

  1. Anggaplah Makanan Seperti Bahan Bakar

Makanan yang baik sudah menjadi bagian hidup dari para atlet profesional seperti latihan dan tidur. Mereka makan bukan hanya untuk meningkatkan performa, tetapi yang lebih penting ialah untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan tubuh. Mereka menganggap makanan seperti bahan bakar pada kendaraan bagi tubuh mereka. Kalau kita akan memilih bahan bakar terbaik untuk kendaraan kesayangan kita, lalu mengapa kita tidak melakukan hal yang sama untuk tubuh kita.

Sebelum memakan sesuatu, tanyalah pada diri sendiri, apa gunanya makanan tersebut bagi kesehatan kita. Tuliskan hal tersebut dan buatlah seperti daftar yang gunanya sebagai pengontrol bagi kita ketika keinginan makan kita mulai tidak terkendali. Meskipun hanya dilakukan dalam beberapa minggu, cara ini bisa efektif mengurangi konsumsi makanan yang kurang baik sehingga tubuh bisa menjadi lebih kuat.
Diet Sehat Ala Atlet Profesional
Diet Sehat Ala Atlet Profesional


  1. Makanlah Setiap Empat Jam

Para atlet makan setiap empat jam sekali agar mereka memiliki cukup asupan makanan yang akan digunakan untuk melakukan latihan. Sebagian besar melakukan itu tetap dengan pola makan umum yang mencakup sarapan pagi, makan siang dan makan malam serta menambahkan dua kali “snack time” diantara waktu makan tersebut yang waktunya ialah 30 menit setelah latihan fisik/ kegiatan fisik. Mengapa harus begitu?

Meskipun tidak harus dengan porsi karbohidrat sebesar para atlet, tetapi tirulah pengaturan jadwal makan mereka, makan tiap empat jam sekali diselingi dengan dua kali snack yang sebisa mungkin tidak mengandung banyak gula garam (cenderung tawar) serta mengandung karbohidrat dan protein. Kecukupan kebutuhan kalori sepanjang hari dapat membantu mengoptimalkan energi dan peningkatan pembakarannya. Hal ini dapat lebih menstabilkan berat badan karena anda tidak akan merasa sangat kelaparan dan akhirnya makan secara berlebihan.

  1. Mengoptimalkan Konsumsi Protein

Protein kaya akan kandungan asam amino esensial yang dibutuhkan para atlet untuk memulihkan dan membangun kembali jaringan tubuh setelah latihan fisik. Contoh dari protein berkualitas yang biasa mereka konsumsi ialah ikan / seafood, yogurt, daging sapi tanpa lemak, kacang-kacangan dan unggas.

Studi menunjukkan bahwa protein akan mengenyangkan lebih lama daripada karbo atau lemak. Jadi usahakan untuk mengonsumsi protein lebih banyak dalam tiga waktu makan anda, disarankan sebesar 20-30 gram tiap sekali makan. Ini sudah cukup akan membuat anda merasa kenyang.

  1. Minumlah Secepat Mungkin Dan Terus-Menerus

Pakar gizi merekomendasikan untuk segera minum begitu bangun tidur dan terus minum atau konsumsi cairan yang cukup sepanjang hari. Dehidrasi dapat mendatangkan dampak yang signifikan, bisa mengurangi konsentrasi, membuat tubuh menjadi lesu dan performa akan menurun.

Minum banyak merupakan cara mudah bagi para atlet untuk meningkatkan kinerja mereka. Umumnya mereka mengonsumsi cairan sebanyak ½ sampai 1 ons cairan per 1 kilogram berat badan setiap hari dan setidaknya ½ dari itu berasal dari air minum. Atau lebih mudahnya ialah konsumsi cairan sebanyak ½ dari berat badan anda setiap hari dengan hitungan satu cangkir cairan setara dengan 7,5 ons.

  1. Makanlah Seafood Sebanyak Mungkin

Jika di masa lalu atlet lebih banyak mengonsumsi telur mentah dan daging, tetapi pada saat ini para atlet lebih memilih untuk mengonsumsi ikan atau seafood untuk lebih membentuk otot mereka. Ikan atau seafood mengandung banyak protein, anti inflamasi / peradangan dan asam lemak yang baik yang memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan. Selain itu, juga mengandung omega 3, DHA dan EPA yang menyehatkan jantung, mengurangi risiko diabetes, dan membantu menjaga berat badan.

  1. Makanlah Karbohidrat Yang Berkualitas

Karbohidrat merupakan zat utama yang diperlukan untuk pembentukan otot sehingga para atlet profesional tahu sumber karbohidrat yang baik kapan mengonsumsinya dan tipe karbohidrat yang dibutuhkan. Mereka memilih karbo yang berasal dari biji-bijian utuh, buah-buahan, kentang, kacang-kacangan dan yogurt. Minuman berenergi dengan gula sederhana mereka konsumsi selama dan setelah latihan.

  1. Ikuti Aturan 85 – 15 %

Tidak ada seorangpun yang memiliki pola makan sempurna termasuk atlet profesional sekalipun. Mereka cukup dengan angka 85% konsumsi makanan baik dan sehat sedangkan yang 15% mereka gunakan untuk menikmati apapun yang ingin mereka makan. Mereka bisa makan pizza dengan keju yang banyak dan makanan lezat yang lainnya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar