Cara Sehat Dengan Kopi Biji Salak

Cara Sehat Dengan Kopi Biji Salak

Anda tentu tahu dan pernah makan buah salak. Rasanya yang asam kesat dan manis ini banyak menghasilkan vitamin C yang berguna bagi kebugaran tubuh. Tapi bagaimana dengan biji salak? Apakah anda pernah mengonsumsi biji salak? Tentunya tidak di makan begitu saja, tapi melalui beberapa langkah pemrosesan, biji salak dapat berubah wujud menjadi kopi.

Salak banyak memiliki banyak manfaat, diantaranya disebabkan kandungan zat polifenol pada salak. Polifenol merupakan kelompok zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan. Zat ini memiliki tanda khas yakni memiliki banyak gugus fenol dalam molekulnya. Polifenol berperan dalam memberi warna pada suatu tumbuhan, seperti warna daun saat musim gugur. Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa kelompok polifenol memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker dan Alzheimer.

[caption id="attachment_2420" align="aligncenter" width="640"]Manfaat Kopi Biji Salak Bagi Kesehatan Manfaat Kopi Biji Salak Bagi Kesehatan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Bagi anda yang tinggal di daerah Bali, kopi biji salak sudah tidak asing lagi. Mengapa demikian? Karena Salak Bali sangat terkenal dan banyak dibudidayakan. Di daerah Bali, salak dijual tidak hanya berupa buah langsung, namun juga yang telah diolah menjadi manisan, asinan, keripik dan kopi sebagai buah tangan atau oleh-oleh. Kopi biji salak terutama yang berasal dari Bali ini memiliki khasiat memperlancar peredaran darah, sehingga baik bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi dan juga dapat meringankan asam urat. Khasiat biji Salak Bali ini dikarenakan kandungan asamnya yang lebih dibandingkan jika kita mengonsumsi buah salak dari daerah lain.

Proses pembuatannya ialah dengan menjemur biji salak. Kemudian biji yang telah kering melalui proses pemanggangan hingga mengeluarkan aroma wangi. Setelah didinginkan, biji salak memasuki tahapan penggilingan hingga halus dan bentuknya kurang lebih sama dengan bubuk kopi biasa.

Sedangkan cara mendapatkan khasiat dari buah biji salak ialah dengan rajin mengonsumsi kopi biji salak dua kali sehari. Seduh dua sendok teh kopi biji salak dengan 200 ml air hangat setelah makan di pagi dan sore hari. Khasiat Dari kopi biji salak akan terasa setelah anda meminumnya selama beberapa hari. Oya, agar anda tidak terlalu merasakan asam dan pahit, dapat ditambahkan satu sendok gula sebagai pemanis. (SRH).
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar