Cara Menggunakan Rempah Andaliman Pada Masakan dan Sambal Ala Batak

Cara Menggunakan Rempah Andaliman Pada Masakan dan Sambal Ala Batak

Indonesia merupakan negara yang kaya rempah. Rempah yang alami tentu membuat lidah menari dan nafsu makan bertambah. Selain itu, rempah dapat melegakan tenggorokan dan menghangatkan badan.

Tahukah anda dengan rempah Andaliman? Mungkin hanya sebagian orang saja yang tau bentuk Andaliman, karena biasanya rempah Andaliman sudah teramu di dalam masakan dan sambal.

[caption id="attachment_2237" align="aligncenter" width="640"]Masakan khas Batak Masakan khas Batak (Ilustrasi/By Jubbuh (Own work) [CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons)[/caption]Andaliman merupakan tanaman yang banyak dijumpai di daerah tropis terutama di Sumatera Utara. Bentuk buahnya yang kecil dan berkoloni mirip dengan cengkeh namun berwarna hijau dan menghasilkan citarasa makanan yang unik. Rasa ketir yang menggema di mulut dan membekas di lidah yang dihasilkan Andaliman, menjadi sensasi tersendiri pada masakan. Andaliman merupakan bumbu yang menjadi citarasa khas masakan batak. Pada masakan khas batak, Andaliman juga sering disebut dengan merica batak.

Biasanya Andaliman digunakan pada masakan arsik, daging ayam kampung yang sifatnya berkuah dan sambal. Andaliman tua dan kering merupakan pilihan Andaliman yang paling baik digunakan.

Cara menggunakannya ialah, ambil segenggam Andaliman yang sudah dicuci bersih lalu rendam sebentar pada air mendidih hingga aromanya keluar. Giling Andaliman sampai halus, baru campurkan pada sambal, masakan arsik atau daging ayam kampung.

Penggunaan rempah Andaliman ala Batak sebaiknya tidak melalui penggorengan. Agar citarasanya tidak berubah, pencampuran pada masakan sebaiknya diberikan di posisi terakhir atau setelah masakan hampir matang.

Bagi anda yang bingung mencari Andaliman, anda dapat mencari di pasar tradisional rempah batak. Biasanya dijual pada tempat ikan Teri Medan dengan harga yang relatif bervariasi. Semakin tua buah andaliman maka semakin mahal harganya juga semakin baik rasa yang dihasilkan dan semakin sedikit jumlah penggunaannya. Bahkan andaliman tua dan kering memiliki harga yang paling tinggi, Karena rasa yang dihasilkan semakin tegas.

Oya, selain sebagai rempah Andaliman juga berfungsi menghangatkan tubuh dan membantu proses pencernaan makanan pada lambung. Andaliman kaya akan Vitamin C dan membantu tubuh menangkal radikal bebas di udara. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar