Cara Mengatasi Sulit Tidur Dengan 4 Jenis Terapi Sederhana

Cara Mengatasi Sulit Tidur Dengan 4 Jenis Terapi Sederhana

Bagi kebanyakan orang, tidur itu mudah. Sangat mudah malah. Bahkan ada yang menganggap tidur sebagai hobi. Namun demikian, ada sebagian orang yang menganggap aktivitas ini tidak sesimpel yang dilakukan kebanyakan orang lainnya. Lho kok bisa? Penyebab sulit tidur memang beraneka ragam. Beban pikiran, gangguan psikis, pengaruh caffeine, ketidakseimbangan hormon, atau pola hidup yang kurang baik diklaim sebagai penyebab seseorang bisa terkena gangguan tidur.

Tidur nyenyak bagi para penderita insomnia layaknya sebuah anugerah. Banyak cara-cara klasik yang telah dilakukan untuk mengatasi susah tidur yang mereka alami seperti minum susu hangat, minum air hangat, bahkan sampai menghitung domba. Ternyata Anda bisa lepas dari gangguan insomnia dengan melakukan beberapa terapi sederhana. Terapi ini relatif mudah dilakukan. Bagaimana langkah-langkah terapinya? Gali lebih dalam dengan menyimak pembahasan di bawah ini!

4 Jenis Terapi Untuk Mengatasi Sulit Tidur


[caption id="attachment_2279" align="aligncenter" width="640"]Tips mengatasi susah tidur insomnia Tips mengatasi susah tidur insomnia (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Terapi Air Dingin


Terapi pertama untuk mengatasi gangguan tidur yang akan dibahas yakni dengan terapi air dingin. Cara ini sangat mudah dilakukan. Hal yang dibidik dalam terapi ini ialah adanya dive reflex atau fenomena paksa. Jika tubuh mengalami dive reflex maka sistem saraf akan mengalami pengaturan ulang untuk menenangkan diri. Keadaan ini akan menurunkan denyut jantung dan tekanan darah. Caranya yakni dengan menyiapkan air dingin di dalam wadah, kemudian benamkan wajah ke dalam wadah. Lakukan secara bertahap selama 30 detik. Cara ini diyakini dapat mendatangkan kantuk.

  1. Latihan Pernafasan dengan Hitungan 4-7-8


Terapi kedua untuk mengatasi sulit tidur yakni dengan latihan pernafasan. Bahkan penggagas terapi ini yakni Dr. Andrew Well dari Universitas Arizona mengklaim bahwa teknik ini dapat membuat Anda pulas dalam 60 detik saja. Langkah pertama ialah berbaring telentang sambil menenangkan pikiran. Setelah itu, keluarkan nafas panjang melalui mulut. Setelah itu, tarik nafas panjang melalui hidung dengan hitungan 4 detik. Jika sudah, maka tahan nafas selama 7 detik. Keluarkan nafas melalui mulut dengan bunyi “woosh” dalam 8 kali hitungan. Lakukan cara ini 2 kali sebelum tidur.

  1. Memijit Lembut Titik-Titik Pemicu Tidur


Tubuh memiliki beberapa titik-titik tertentu yang ketika dipijat dengan lembut akan memberikan efek tertentu, antara lain rasa kantuk. Titik-titik tersebut yakni di antara alis, di antara ibu jari, dan telunjuk kaki kanan atau titik di bawah kuku telunjuk kaki kanan. Anda bisa memilih salah satunya atau semuanya.  Caranya sebagai berikut.

-). Untuk memijat bagian alis, letakkan ibu jari di titik antara alis dan bagian atas hidung. Setelah itu, pijat lembut dan tahan selama 20 detik. Lepaskan sebentar dan ulangi lagi beberapa kali.

-). Untuk menemukan titik pemicu tidur pada Ibu jari dan telunjuk kanan, silahkan duduk dan tempatkan kaki kanan di lutut kiri. Pijat dengan lembut titik antara ibu jari dan telunjuk selama 20 detik dan lepaskan. Ulangi cara ini beberapa kali.

-). Untuk menemukan titik pemicu tidur di bagian bawah kuku telunjuk kaki kanan, pijat area tersebut dengan ibu jari dan telunjuk tangan kanan. Pijat lembut selama 20 detik dan lepaskan. Ulangi hal ini beberapa kali.

  1. Bernafas Dengan Hidung Sebelah Kiri


Terapi terakhir yang akan dibahas merupakan salah satu teknik yoga. Menurut ahli terapis holistik, Peter Smith, cara ini akan membuat Anda merasa tenang dan menurunkan tekanan darah. Caranya juga sangat mudah. Anda cukup berbaring dengan posisi miring ke kiri. Kemudian tutup lubang hidung sebelah kanan dan ambil nafas dalam-dalam secara perlahan-lahan melalui lubang hidung sebelah kiri. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mengatasi sulit tidur pada wanita menopause atau ketika suhu udara cukup panas.

Demikianlah 4 jenis terapi sederhana untuk mengatasi masalah sulit tidur. Dapatkan kualitas tidur yang lebih baik dengan mengikuti beberapa atau seluruh terapi dalam tulisan ini. Dengan kualitas tidur yang lebih baik, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan suasana hati menjadi baik. Semoga bermanfaat!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar