Cara Membuat Kreasi Peta Timbul Dari Tepung Kanji dan Koran Bekas

Cara Membuat Kreasi Peta Timbul Dari Tepung Kanji dan Koran Bekas

Bila anda sedang berfikir untuk menata ulang hiasan dinding di rumah, anda dapat membuat sesuatu yang unik agar menjadi nilai tambah sebuah dekorasi ruang di rumah anda.

Bagi anda yang senang berkreasi dari berbagai barang yang ada di sekitar anda, cobalah salah satu kerajinan di bawah ini untuk membuat peta timbul dari bahan dasar koran bekas dan tepung kanji. Dengan bahan sederhana dan mudah didapatkan, kerajinan tangan yang satu ini dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang.
Cara Membuat Kreasi Peta Timbul Dari Tepung Kanji dan Koran Bekas (Sumber Gambar: http://pandualitrio23046.blogspot.co.id/)
Cara Membuat Kreasi Peta Timbul Dari Tepung Kanji dan Koran Bekas (Sumber Gambar: http://pandualitrio23046.blogspot.co.id/)


Pertama, siapkan beberapa bahan sebagai berikut :

  • 1 lembar papan triplek sebagai alas. Ukuran disesuaikan dengan besarnya Peta yang akan dibuat.

  • 1 tumpuk kertas koran bekas yang sudah tidak digunakan.

  • Tepung kanji yang telah di campur air secukupnya hingga menyerupai lem.

  • Atlas sebagai contoh.

  • Pensil dan kertas karbon.

  • Wadah tempat pencampuran.

  • Cat hijau dan lainnya sesuai selera.

  • Kuas.

Cara membuat :

  1. Ambil papan triplek dan buatlah pola peta yang akan dibuat dengan menggunakan pensil. Agar lebih mudah, anda dapat mencetak terlebih dahulu dari Atlas yang anda miliki pada triplek dengan dialasi kertas karbon.

  2. Ambil wadah sebagai tempat pencampuran kertas koran yang akan digunakan untuk membuat Peta timbul. Campurkan tepung kanji yang telah menjadi adonan lem dengan kertas koran yang sudah dirobek hingga rata.

  3. Tuangkan adonan pada pola Peta sesuai dengan bentuk yang ada pada papan triplek anda. Agar lebih cepat, keringkan dengan dijemur pada terik matahari.

  4. Setelah kering, warnai peta timbul dengan menggunakan cat sesuai selera anda.

  5. Keringkan dan Peta timbul telah siap digantung. Untuk mempermanis, anda dapat membingkai dengan berbagai bahan agar lebih layak menjadi sebuah hiasan.

Sebagai hiasan dinding, tentu tidak hanya Peta timbul saja yang dapat dibuat. Anda juga dapat kembangkan menjadi beberapa kreasi lain seperti membuat lukisan timbul, foto wajah timbul dan sebagainya. Siapa tahu dengan kemampuan yang anda miliki dapat berkembang menjadi sebuah lahan industri yang menguntungkan. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar