8 Cara Praktis Membuat Bekal Sekolah Untuk Anak

8 Cara Praktis Membuat Bekal Sekolah Untuk Anak

Bagi anda orang tua yang mempunyai anak usia sekolah terutama yang masih SD, pasti sering kuatir kalau anak jajan sembarangan di sekolahnya. Apalagi jaman sekarang ini, jajanan anak sekolah semakin jauh dari kata sehat dan higienis, mayoritas menggunakan bahan berbahaya seperti sakarin, pewarna tekstil agar menarik perhatian anak-anak dengan warnanya yang ngejreng, dan juga pengawet bahkan formalin. Jika kita biarkan secara terus menerus anak-anak mengonsumsi makanan-makanan tersebut tentu akan membahayakan kesehatannya.

Cara agar anak tidak jajan di sekolah ialah menyiapkan dan membawakannya bekal dari rumah untuk dimakan pada waktu istirahat agar dia tidak jajan sembarangan, selain juga sedikit demi sedikit memberikan pengertian kepada anak, bahwa jajanan yang tidak sehat bisa membuat mereka sakit.

Tetapi membuat bekal anak sekolah setiap hari pastilah bukan hal yang mudah, selain sedikit menyita waktu apalagi bagi anda ibu yang bekerja, tentunya juga akan sedikit repot. Selain itu, juga harus pandai-pandai mencari menu yang variatif agar anak tidak bosan. Yang penting, pastikan menu itu cukup gizi bagi anak anda. Ada beberapa menu praktis yang bisa anda siapkan malam sebelumnya agar pagi harinya tidak terlalu tergesa-gesa.

  1. Mini Sandwich Squares


Anda bisa membuat sandwich dengan isian selai yang disukai oleh anak anda, agar lebih mudah dimakan dan membuat mereka lebih tertarik karena bentuknya yang tidak biasa. Potong kotak-kotak kecil sandwich yang anda buat dan simpan di dalam kotak makan anak anda lalu taruh di dalam kulkas. Keesokan paginya, anda hanya tinggal mengeluarkannya dari kulkas sejam sebelum dibawa ke sekolah.

  1. Lemony Pasta


[caption id="attachment_2439" align="aligncenter" width="640"]Resep bekal anak sekolah praktis dan sehat Resep bekal anak sekolah praktis dan sehat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Sesekali berikan menu yang membuat anak anda merasa seperti jajan di restoran fastfood, salah satunya pasta tapi tentu dengan toping yang sehat. Rebuslah pasta (bisa spagetti, makaroni, fettucini dan lain-lain) pada malam hari dan simpan dalam kulkas. Paginya anda tinggal memasak untuk topingnya, tidak perlu yang ribet, tapi yang penting cukup gizi.

Sementara anda menyiapkan toping, keluarkan pasta dari kulkas agar sesuai dengan suhu ruangan. Rebuslah bayam sebentar saja kemudian angkat, dan campurkan dengan perasaan lemon dan minyak zaitun, cukup satu sendok makan saja. Anda bisa tambahkan sosis ataupun daging asap. Toping anda sudah jadi, tinggal anda siapkan bersama dengan pasta.

  1. Fruity Tortilla Almond Butter


Ingin menu western praktis yang lainnya? Anda bisa mencoba resep ini. Anda bisa dapatkan tortilla di swalayan dan supermarket besar di kota anda, atau kalau terpaksa, anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan tepung terigu, mirip dengan membuat kulit lumpia, atau juga bisa dengan creepe. Isilah tortilla dengan selai almond, tambahkan irisan buah seperti pisang, lalu gulung. Kalau tidak begitu suka dengan selai almond, anda bisa menggantinya dengan selai yang lain, dan buah yang lainnya seperti strawberry atau kismis.

  1. Fruity Yogurt


Anak anda tidak terlalu suka makan? Jangan kuatir karena anda bisa memberikan padanya bekal yogurt buah-buahan. Pilihlah yogurt yang tawar (plain) dan bertekstur kental, lalu masukkan irisan buah-buahan segar, seperti strawberry atau jeruk ke dalamnya. Buah-buahan yang dimasukkan ke dalam yogurt akan membentuk semacam jus buah, yang tentu saja akan membuat cita rasa yogurt menjadi lebih enak dan anak anda akan suka.

  1. Puding Pizza


Jika anda biasa membuat scrambled egg atau orak arik telur, anda bisa dengan cepat pula membuat menu ini. Siapkan 6 butir telur, pecah dan kocok dalam wadah, campurkan dengan 3 sendok makan susu. Goreng menggunakan cetakan muffin atau bisa juga cetakan kue apem, dan berilah toping diatasnya.

Anda bisa memilih toping yang disukai anak anda, seperti tomat, daging asap, sosis dan lainnya. Bisa juga anda tambahkan keju mozzarella/ keju leleh atau keju parut. Tutup cetakan dengan tutup panci agar matangnya merata, masak selama 5-10 menit dengan api sedang. Untuk mengecek apakah bagian tengahnya sudah matang, anda bisa menusuknya dengan garpu atau tusuk gigi seperti kalau membuat kue.

  1. Bola-bola Buah Dan Kacang


Ingin menu cepat tanpa harus mengidupkan kompor, anda bisa coba menu yang satu ini. Siapkan biskuit, kacang sangrai (anda bisa beli yang sudah matang di supermarket), kismis dan buah-buahan kering lalu blender sampai halus. Kemudian campurkan dengan selai coklat, buat bola-bola lalu simpan di dalam kulkas semalaman agar tidak pecah. Anda bisa juga menggunakan coklat masak yang bisa anda panaskan terlebih dahulu di microwave atau pemanas nasi anda.

  1. Dinner Rolls Isi


Anda bisa membuat menu lunchbox anak anda dengan bahan dinner roll yang bisa dengan mudah anda dapatkan di swalayan. Belah pada bagian tengahnya, kemudian isi dengan selai atau telur orak-arik, atau apapun yang disukai anak anda.

  1. Sushi Sandwich Vegatables


Yang perlu anda siapkan ialah roti tawar tanpa kulit, pipihkan dengan botol. Lalu oleskan krim keju diatasnya, dan taruhlah tomat, ketimun, telur rebus diatasnya. Setelah itu gulung hati-hati dan perlahan, simpan di kulkas.

Keesokan harinya anda bisa menggorengnya dengan dilumuri telur terlebih dahulu setelah matang baru diiris, atau cukup mendiamkannya pada suhu ruangan. Tapi kalau anda memilih untuk tidak menggorengnya, sebaiknya anda baru membuatnya pada pagi hari untuk menghindari risiko toping sayuran menjadi basi dan terasa asam. Kalau anda ingin memakai mayonaise juga, jangan lupa untuk tetap mengoleskan krim keju tipis-tipis agar roti tetap lembab sehingga mudah digulung.

Demikianlah 8 Cara Praktis Membuat Bekal Sekolah Untuk Anak. Selamat Mencoba.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar