8 Cara Menguji Kejujuran Karyawan di Kantor

8 Cara Menguji Kejujuran Karyawan di Kantor

Kejujuran di zaman sekarang sudah menjadi sesuatu yang mahal dan hanya segelintir orang yang memiliki kredibilitas tinggi dalam hal kejujuran. Tetapi untuk keperluan pekerjaan apalagi menyangkut administrasi dan keuangan tentu kejujuran merupakan syarat utama bagi seorang administrator dan akuntan.

Kejujuran tidak hanya soal hitungan nilai uang saja, namun juga menyangkut kedisiplinan terhadap jam kerja. Kedisiplinan dan kejujuran terhadap waktu sangat berpengaruh pada hasil kerja dan perkembangan usaha.

[caption id="attachment_2216" align="aligncenter" width="640"]Tes kejujuran karyawan Tes kejujuran karyawan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Kejujuran yang dimiliki seorang karyawan tidak dapat disandingkan dengan jumlah jam kerja atau banyaknya pengalaman kerja seorang karyawan. Terkadang, karyawan yang sudah lama bekerja justru mulai merenggangkan kedisiplinan dan kejujuran.

Kejujuran berangkat dari kehidupan dalam keluarga dan kehidupan sosial seseorang. Karena kebiasaan baik, lebih sukar dibentuk daripada meniru sesuatu yang buruk. Nah, bila anda membutuhkan karyawan yang jujur dalam bekerja, anda dapat mengujinya dengan beberapa hal berikut :

  1. Lihatlah apakah karyawan anda selalu datang ke kantor tepat waktu? Dan apakah karyawan anda pulang tepat dari jam pulang kantor bahkan lebih?

  2. Bila anda mendelegasikan tugas, apakah karyawan anda menyelesaikan dengan baik dan tepat waktu?

  3. Bila ada pertanyaan, apakah karyawan anda menjawab dengan jelas dan yakin?

  4. Bila ada masalah dengan pekerjaan, apakah karyawan anda menceritakan pada anda?

  5. Apakah ada keluhan dengan pekerjaan karyawan anda baik dari customer/ klien/ rekan bisnis bahkan dari anda sendiri?

  6. Apakah seluruh tugas dijalankan dengan benar?

  7. Apakah laporan yang diberikan bebas dari tindakan korupsi?

  8. Pasanglah CCTV agar anda dapat melihat suasana karyawan anda ketika sedang bekerja.


Bila karyawan anda sudah memenuhi 8 syarat di atas, tentunya anda layak memberi reward dan menaikkan pangkat karyawan anda dalam pekerjaannya.
Bila kebiasaan dalam hal kejujuran ini dimiliki anda dan karyawan di kantor, tentunya kesuksesan dalam berbisnis dan perkembangan usaha anda tidak perlu diragukan. Orang yang memiliki kejujuran biasanya memiliki kesungguhan dalam bekerja dan memberikan yang terbaik dalam segala yang dilakukan sesuai dengan kemanpuan yang dimilikinya. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar