7 Tips Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

7 Tips Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Bagi wanita yang kesehariannya memakai hijab, sudah pasti rambut selalu tertutupi. Kondisi ini membuat keadaan rambut yang berhijab tidak dapat bernafas lega. Hal ini akan memicu berbagai permasalahan rambut yaitu rontok, lembab, bahkan sering berketombe.

Namun tidak usah khawatir, bagi anda yang berhijab dan menginginkan rambut tetap terawat dengan baik, ada tips untuk merawatnya, yaitu :

  1. Pilihlah jenis dan bahan jilbab yang mudah menyerap keringat.


Pilihlah jilbab yang mudah menyerap keringat, agar rambut yang tertutupi tidak mudah basah dan lepek. Sehingga keringat yang ada di kepala mudah terserap oleh jilbab. Misalnya pilih jilbab yang berbahan katun atau kaus, karena pori–porinya bisa melancarkan sirkulasi udara.

[caption id="attachment_2398" align="aligncenter" width="425"]Cara merawat rambut berjilbab secara alami Cara merawat rambut berjilbab secara alami (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Jangan menggunakan jilbab dalam kondisi rambut basah.


Bagi anda yang sudah terbiasa terburu-buru dengan waktu, jangan sering membiasakan diri menggunakan jilbab dalam kondisi rambut basah. Hal ini akan membuat rambut menjadi rusak, lepek, bau apek, gatal–gatal, bahkan menimbulkan ketombe. Maka biasakanlah sebelum menggunakan hijab, rambut yang basah sebaiknya dikeringkan dahulu dengan menggunakan pengering rambut.

  1. Jaga Kebersihan rambut dan kulit kepala.


Bersihkanlah rambut dan kulit kepala dengan keramas tiap dua sampai tiga kali seminggu. Jika perlu, tambahkan produk perawatan rambut lainnya seperti conditioner dan vitamin yang mengandung B6, B12, dan C agar rambut tetap lembut dan tidak kusut.

  1. Warna jilbab.


Pilihlah jilbab dengan warna–warna yang lembut, agar memberikan kesan sejuk pada warna kulit kepala, sehingga tidak menghambat folikel pertumbuhan rambut. Karena ada warna–warna tertentu yang bisa ditembus oleh matahari, sehingga menyebabkan rambut rusak meskipun rambut telah tertutupi oleh jilbab.

  1. Perhatikan Cara Mengikat Rambut.


Jangan mengikat rambut terlalu kuat, karena bisa menimbulkan rasa pusing di kepala. Selain itu, jika rambut panjang, gelung atau ikat rambut dalam kondisi renggang dan pilih ikat rambut yang lembut. Hindari mengikat rambut dengan karet gelang, karena bisa menyebabkan kerusakan rambut akibat pergesekan dengan bahan tersebut.

  1. Sisir rambut sebelum dan sesudah berjilbab.


Meskipun berjilbab, anda tetap harus memperhatikan kerapian rambut. Sisirlah dahulu rambut sebelum berjilbab agar tidak berantakan dan kusut. Pilihlah sisir yang bergigi jarang untuk mencegah kerontokan pada rambut. Setelah berjilbab, anda juga tetap harus menyisir rambut kembali agar rambut tetap rapi.

  1. Konsumsi makanan sehat.


Menjaga kesehatan rambut dari dalam juga diperlukan.  Perbanyak konsumsi sayuran hijau serta buah-buahan, karena kandungan vitamin pada buah dan sayur bisa membantu kesehatan rambut dari dalam.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar