7 Tips Merawat Kerja Professor Komputer Agar Lebih Cepat

7 Tips Merawat Kerja Professor Komputer Agar Lebih Cepat

Apakah anda bekerja sepanjang hari dengan komputer? Apakah kinerja  Komputer anda masih maksimal?

Biasanya komputer yang sering digunakan memiliki berbagai history kerja dan akan semakin menumpuk bila anda tidak melakukan pemeliharaan. Bila terus dibiarkan, akibatnya akan memperlambat kinerja komputer anda. Untuk anda yang kerja di kantor dapat menyerahkan pemeliharaan komputer pada Teknisi komputer, namun bila anda bekerja di rumah, tentu anda harus memiliki kemampuan untuk merawat sendiri komputer anda.


Kali ini akan dibagikan beberapa tips untuk merawat prosessor komputer agar bekerja lebih cepat.


Pertama, apakah Sistem Operasi yang anda gunakan? Sebaiknya anda menggunakan sistem operasi original yang sesuai dengan kemampuan komputer anda. Misalkan pengguna Laptop berprosessor 1Ghz dan RAM 256MB, sebaiknya menggunakan sistem operasi yang lebih ringan. Semakin baru sistem operasi, biasanya membutuhkan mesin, otak dan memori yang lebih cepat. Bila dipaksakan, komputer akan sering mengalami hang atau crash pada cache memory. Sebaiknya turunkan level sistem operasi anda dengan memformat dan menginstall ulang komputer.



[caption id="attachment_2306" align="aligncenter" width="640"]Cara mempercepat kinerja komputer Cara mempercepat kinerja komputer (Ilustrasi/pixabay)[/caption]



Kedua, apakah ada aplikasi yang terinstall namun jarang digunakan? Solusi meringankan kerja komputer ialah dengan menonaktifkan program yang tidak digunakan. Anda dapat mengedit setting atau klik kanan pada icon program yang tidak digunakan dan pilih uninstall.


Ketiga, matikan opsi automatically updated, karena bila diaktifkan akan menggunakan ruang ROM dan tidak jarang membuat hang pada komputer.


Keempat, seminggu sekali sebaiknya anda melakukan perawatan dengan update antivirus dan menscan semua file anda agar terbebas dari virus. Biasakan mengaktifkan firewall agar cookie dan file berekstensi asing tidak dapat masuk. Saat menggunakan flashdisk atau transfer file dan email, scan file terlebih dahulu sebelum digunakan.


Kelima, untuk anda yang senang merender film, server, desain dan sebagainya, sebaiknya melakukan restart ulang setiap 5 jam sekali untuk merefresh komputer. Saat anda tinggalkan, gunakan opsi standby agar suhu processor tidak terlalu panas dan komputer anda lebih berumur panjang.


Keenam, anda dapat memperbesar memori komputer dengan memakai ruang kosong pada hard disk yang tidak digunakan. Gunakan opsi virtual memory. Cara mudahnya dengan klik kanan pada menu dekstop my computer pilih memory management. Aktifkan virtual memory anda lalu anda dapat setting sendiri jumlah memory yang akan ditambahkan sesuai ruang harddisk kosong yang tidak anda gunakan.


Ketujuh, rajinlah membackup file komputer anda agar tidak memenuhi ruang harddisk. Pindahkan data pada media lain seperti burning pada DVD, CD atau dengan menyewa harddisk virtual di dunia maya. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar